Meningkat Selama Pandemi Covid-19, Asuransi Garap Layanan Gangguan Mental

    Angga Bratadharma - 16 Oktober 2020 11:01 WIB
    Meningkat Selama Pandemi Covid-19, Asuransi Garap Layanan Gangguan Mental
    Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
    Jakarta: Data Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) menunjukkan selama lima bulan pandemi covid-19 ada 4.010 orang yang memeriksakan diri dengan gejala gangguan mental. Dari ribuan orang tersebut, 75 persen mengalami trauma, 65 persen merasa cemas, dan 62 persen mengalami depresi.

    Melihat kebutuhan untuk menjaga kesehatan mental ini, Mandiri AXA General Insurance (MAGI) dan AXA Financial Indonesia (AFI) berinisiatif meluncurkan layanan tambahan bagi nasabah. Layanan itu berupa program telekonsultasi gratis dengan psikolog yang bekerja sama dengan startup platform kesehatan digital Alodokter dan Good Doctor.

    Country CEO AXA Indonesia Julien Steimer mengatakan mengambil pandangan holistik tentang kesejahteraan, yang tidak hanya terdiri dari tubuh yang sehat tetapi juga pikiran yang sehat, AXA Indonesia fokus menyebarkan kesadaran tentang kesehatan mental, di masyarakat dan di antara karyawan AXA Indonesia.

    "Peluncuran layanan telekonsultasi guna membantu mereka mengatasi emosi negatif seperti stres, kecemasan, dan ketakutan," ujar Julien, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 16 Oktober 2020.

    Tren gangguan mental yang meningkat selama pandemi merupakan tantangan serius yang dihadapi pemerintah karena fasilitas layanan kesehatan mental yang terbatas. Hal ini senada dengan survei terbaru World Health Organization (WHO) yang menyebutkan pandemi covid-19 mengganggu atau menghentikan layanan kesehatan mental di 93 persen negara di seluruh dunia.

    Presiden Direktur Mandiri AXA General Insurance Enny menambahkan dalam rangka Hari Kesehatan Mental Sedunia 2020 ini layanan telekonsultasi gratis diberikan kepada nasabah asuransi kesehatan MAGI yang bekerja sama dengan Alodokter, salah satu platform kesehatan yang menjadi partner MAGI selama beberapa tahun terakhir.

    "Hal ini untuk meningkatkan kesadaran mengenai kesehatan mental di tengah kondisi pandemi saat ini," jelas Enny.

    Sementara itu, Presiden Direktur AXA Financial Indonesia Niharika Yadav mengatakan, untuk mendukung kesehatan mental dan kesejahteraan nasabah di masa sulit ini AXA Financial Indonesia bekerja sama dengan Good Doctor guna memberikan solusi.

    "Kami terus memberikan dukungan langsung kepada nasabah," pungkas Niharika.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id