Vaksin Pfizer Bawa Rupiah Unjuk Gigi

    Annisa ayu artanti - 10 November 2020 17:17 WIB
    Vaksin Pfizer Bawa Rupiah Unjuk Gigi
    Ilustrasi. Foto: Dok.MI
    Jakarta: Nilai tukar rupiah semakin unjuk gigi. Hingga penutupan perdagangan tercatat rupiah menguat tujuh poin ke posisi Rp14.057 per USD.

    Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menyatakan penguatan rupiah seiring dengan berita mengenai vaksin covid-19 yang dapat tersedia dalam waktu dekat.

    "Berita bahwa vaksin covid-19 dapat tersedia dalam waktu dekat meningkatkan optimisme atas pemulihan ekonomi global," kata Ibrahim dalam keterangannya yang diterima Medcom.id, Selasa, 10 November 2020.

    Vaksin Pfizer yang dikembangkan perusahaan farmasi asal Jerman BioNTech tersebut diklaim memiliki tingkat efektivitas lebih dari 90 persen efektif dalam mencegah covid-19.

    Ia pun memprediksi potensi penguatan rupiah akan terus berlanjut. Pada perdagangan esok saja ia menaksir rupiah akan menguat sebesar 5-30 poin ke di level Rp14.027 hingga Rp14.080 per USD.

    Dari dalam negeri, penguatan rupiah dipicu oleh keyakinan bahwa resesi yang terjadi di Indonesia tidak akan bertahan lama.

    Berdasarkan indeks keyakinan konsumen yang dirilis Bank Indonesia pada Oktober 2020 menyatakan alokasi pengeluaran konsumen yang dipakai berbelanja mencapai 69,36 persen. Angka tersebut naik dari bulan sebelumnya 68,8 persen.

    "Saat konsumsi rumah tangga pulih, maka niscaya PDB secara keseluruhan juga ikut terangkat karena porsi konsumsi yang sangat signifikan. Oleh karena itu, ada peluang ekonomi kuartal IV-2020 bisa tumbuh positif (meski risiko kontraksi masih ada)," pungkasnya.

    Bloomberg melansir mata uang rupiah naik 7,5 poin ke level Rp14.057 per USD. Yahoo Finance mencatat mata uang rupiah naik 22,18 poin menjadi Rp14.072 per USD. Bank Indonesia melansir mata uang rupiah ke level Rp14.015 per USD.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id