IHSG Berpotensi Kembali Menghijau di Akhir Pekan

    Annisa ayu artanti - 27 Maret 2020 08:52 WIB
    IHSG Berpotensi Kembali Menghijau di Akhir Pekan
    Ilustrasi. FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti
    Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi melanjutkan penguatan seperti yang terjadi pada perdagangan kemarin. Namun, penguatan diramal tidak akan berlangsung lama karena masih tingginya ketidakpastian terkait penyebaran virus korona (covid-19).

    Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper mengatakan penguatan akan dipicu oleh sikap optimisme investor dari stimulus yang diberikan bank sentral Amerika Serikat (The Fed) yang akan memberikan bantuan USD2 triliun untuk masyarakat. Ia memprediksi indeks hari ini bergerak dan diperdagangkan di level support 3.780-4.060 dan resistance 4.495-4.650.

    "IHSG diprediksi menguat. Investor diperkirakan masih optimistis akan stimulus yang diberikan The Fed sehingga pergerakannya diprediksi akan cenderung menguat dalam jangka pendek," kata Dennies, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Jumat, 27 Maret 2020.

    Dennies menyebutkan sentimen negatif dari dalam negeri yang terus membayangi gerak IHSG adalah penyebaran covid-19. Setiap hari jumlah pasien positif dan meninggal semakin banyak. "Sehingga volatilitas diperkirakan masih akan tinggi," ucapnya.

    Beberapa saham yang perlu dicermati investor hari ini adalah PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI).

    Sementara Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, indeks hari ini akan kembali bergerak di zona merah. IHSG akan diperdagangkan di level support-resistance 3.937-4.382. Kenaikan gerakan IHSG pada perdagangan kemarin bersifat teknikal rebound dan potensi tekanan pada pasar masih belum berakhir.

    Hal tersebut yang membuat IHSG akan kembali tertekan hari ini. "Sehingga peluang koreksi wajar masih dapat dimanfaatkan oleh investor untuk melakukan akumulasi pembelian mengingat kondisi perekonomian Indonesia hingga saat ini masih berada dalam kondisi stabil, Hari ini IHSG berpotensi melemah," sebutnya.    

    Saham-saham yang direkomendasikan untuk dicermati oleh investor hari ini adalah PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI).
     



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id