Meraih Kemerdekaan Secara Finansial

    Gervin Nathaniel Purba - 19 Agustus 2020 07:30 WIB
    Meraih Kemerdekaan Secara Finansial
    Ilustrasi (Foto: MI/Susanto)
    Jakarta: Kemerdekaan pada zaman modern dimaknai beragam. Misalnya, Chief Agency Officer Manulife Indonesia Jeffrey Kie. Ia memandang kemerdekaan sebagai sebuah kebebasan berekspresi dan bebas secara finansial.

    Menurut Jeffrey, maksud bebas secara finansial berdasarkan kutipan Robert Toru Kiyosaki ialah tidak harus mempunyai harta melimpah. Setiap orang bebas menjadi diri sendiri dan bebas melakukan berbagai hal yang disukai.

    "Dapat disimpulkan, bebas finansial itu dapat dicapai semua jika orang mau belajar dan mencapai apa yang dia inginkan secara financial pada masa mendatang," ujar Jeffrey.

    Terdapat beragam bentuk arti merdeka secara finansial. Pertama, mempunyai proteksi. Dengan adanya proteksi dapat meminimalkan pengeluaran terhadap berbagai risiko. Dalam hal ini, kesehatan.

    "Jangan sampai rencana kita mencapai bebas finansial itu tidak tercapai karena hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

    Selain punya proteksi, mempunyai investasi juga menjadi poin penting. "Kalau ditanya apa investasinya, yang penting patokannya return dari investasi kita lebih tinggi daripada inflasi," ujar dia.


    Meraih Kemerdekaan Secara Finansial
    (Chief Agency Officer Manulife Indonesia Jeffrey Kie. Foto: Dok. Manulife Indonesia)

    Setelah memiliki proteksi dan investasi, maka poin penting selanjutnya ialah dana pensiun. Dana pensiun menjadi penting juga kehidupan masa tua yang tenang.

    "Setelah itu, kita harus punya dana darurat. Ini diperlukan dan harus liquid. Bisa digunakan kapan saja, sebab dana darurat bisa terjadi kapan saja," kata Jeffrey.

    Untuk mencapai merdeka secara finansial, harus mengetahui kemampuan diri sendiri. Jangan karena terpengaruh oleh orang lain.

    "Kita tentukan strategi jangka pendek dan juga panjang. Apa yang harus kita lakukan untuk capai. Jangan lupa harus tau gimana kondisi saat ini. Dari situ kita bisa melangkah ke depan. Kita sudah sampai mana dan apa yang harus dilakukan," kata dia.

    Jika Anda butuh masukan mengenai perencanaan keuangan, Manulife Indonesia siap memberikan pencerahan melalui financial planner. Selain itu bisa mengunjungi website Manulife Indonesia dan call center melalui (021) 25557777.






    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id