Menunggu Suku Bunga BI, IHSG Diprediksi Menghijau

    Annisa ayu artanti - 19 Mei 2020 10:22 WIB
    Menunggu Suku Bunga BI, IHSG Diprediksi Menghijau
    Ilustrasi. Ffoto: Dok.MI
    Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini akan melanjutkan penguatan. Namun aksi yang dilakukan investor di pasar modal masih menanti kebijakan arah suku bunga Bank Indonesia (BI).

    "Hari ini pelaku pasar akan mengamati hasil Rapat Dewan Gubenur (RDG BI) dalam menentukan arah kebijakan suku bunga acuan 7Days Reverse Repo Rate," tulis riset harian Samuel Sekuritas Indonesia yang dikutip Medcom.id, Selasa, 19 Mei 2020.

    Ekonom Samuel Sekuritas memperkirakan BI akan mempertahankan tingkat suku bunga pada level 4,5 persen, berlawanan dengan konsensus yang memprediksi BI akan memotong suku bunga sebanyak 25 basis poin menjadi 4,25 persen.

    Sementara dari luar negeri, katanya, terdapat sentimen positif yaitu salah satu perusahaan bioteknologi Moderna yang menyatakan uji klinis pertama vaksin cukup positif yaitu mampu menghasilkan antibodi covid-19. Kini hasil uji tahap kedua segera dimulai akhir Mei atau Juni.

    Dari sentimen tersebut bursa Amerika Serikat tercatat indeks Dow Jones ditutup menguat 3,85 persen, S&P menguat 3,15 persen dan Nasdaq menguat 2,44 persen.

    Sementara, untuk pagi ini indeks Nikkei diperdagangkan di zona positif yaitu 2,3 persen. Kemudian, indeks Kospi menguat 0,5 persen. Sedangkan IHSG bergerak di zona hijau di level 4.511,05 pada pembukaan perdagangan dengan level tertinggi di 4.607,21 hingga pukul 09.49 WIB.

    "Kenaikan bursa Amerika Serikat dan regional, kami proyeksi IHSG dapat melanjutkan penguatan," sebutnya.

    Senada dengan Samuel Sekuritas Indonesia, Analis Artha Sekuritas juga meramal IHSG akan menguat pada perdagangan hari ini. IHSG akan diperdagangkan di level support 4.468-4.489 dan resistance 4.530-4.550.

    "IHSG diprediksi menguat," kata Dennies.

    Menurutnya, pergerakan akan dipengaruhi optimisme investor setelah terdapat informasi terkait perkembangan vaksin korona.

    "Namun di dalam negeri data kasus baru masih terus bertambah. Investor juga akan menanti pernyataan Bank Indonesia terkait suku bunga," jelasnya.

    Beberapa saham yang bisa dicermati pada perdagangan hari ini adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT XL Axiata Tbk (EXCL), dan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN).
     



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id