PLN Pangkas Belanja Modal Rp39 Triliun

    Suci Sedya Utami - 20 Mei 2020 16:54 WIB
    PLN Pangkas Belanja Modal Rp39 Triliun
    Ilustrasi PLN - - Foto: MI/ Irfan
    Jakarta: Rancangan Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) masing-masing perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengalami penyesuaian akibat pandemi covid-19.

    Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan belanja modal (capital expenditure/capex) dan belanja operasional (operational expenditure/opex) perusahaan pelat merah mengalami pemangkasan.

    Salah satunya belanja modal PT PLN (Persero) dipangkas sebesar 43 persen menjadi Rp39 triliun. PLN sebelumnya mengumumkan alokasi capex sebesar Rp90 triliun untuk membangun infrastruktur kelistrikan.

    "Kita kurangi capex dan opex yang enggak perlu, seperti kemarin PLN kita cut hampir Rp39 triliun," kata Erick diskusi virtual di Jakarta, Rabu, 20 Mei 2020.

    Erick mengatakan penyesuaian juga dilakukan oleh  perusahaan-perusahaan BUMN lainnya. PT Pertamina (Persero) telah lebih dahulu memangkas capex dan opex di 2020. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kesehatan keuangan perusahaan yang terimbas wabah covid-19.

    "BUMN yang kena impact covid-19 yaitu hanya Telkom, industri kesehatan dan kelapa sawit. Yang lainnya terkena impact," jelas Erick.

    Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan opex akan dikurangi sebesar 30 persen baik untuk induk usaha (persero) maupun anak usaha.  Sementara untuk capex akan dipangkas sebesar 23 persen.

    Sementara itu, PT Angkasa Pura (II) memangkas capex hingga Rp6,4 triliun. Awalnya AP II menganggarkan capex sebesar Rp7,8 triliun.

    Untuk menjaga stabilitas dan kinerja usaha perseroan di tengah pandemi covid-19, maka capex yang dipertahankan sebesar Rp1,4 triliun.  



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id