comscore

Begini Cara LPS Percepat Pembayaran Klaim Nasabah

Eko Nordiansyah - 11 Desember 2021 15:38 WIB
Begini Cara LPS Percepat Pembayaran Klaim Nasabah
Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Foto : MI.
Jakarta: Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) akan segera meluncurkan aplikasi pelaporan data Single Customer View (SCV) klien di perbankan. Tujuan dari penerapan aplikasi SCV ini adalah untuk mempercepat proses rekonsiliasi dan verifikasi data nasabah di bank umum yang dinyatakan default atau gagal.

Direktur Group Penanganan Klaim LPS Ade Rahmat mengatakan SCV berisi mengenai informasi menyeluruh tentang simpanan dan pinjaman setiap nasabah di satu bank serta nilai simpanan yang dapat dijamin sesuai dengan ketentuan program penjaminan simpanan dari LPS.

 



"Aplikasi ini akan menghasilkan pembayaran klaim lebih cepat. Kalau diketentuannya, klaim akan dibayar 90 hari kerja setelah bank dicabut izin usaha (CIU). Tapi dengan adanya aplikasi SCV ini kita akan lebih cepat bayar ke nasabah," kata dia dalam Media Workshop LPS di Bandung, Sabtu, 11 Desember 2021.

Dengan adanya SCV ini, bank akan mengidentifikasi datanya secara mandiri melalui aplikasi yang telah disediakan oleh LPS. Prosesnya, bank akan menyusun mulai dari data mentah, data SCV per nasabah, data detail SCV per nasabah, hingga data ringkas SCV per bank.

"Kalau sebelumnya LPS itu harus datang ke bank, ambil datanya dari server. Dari data server, yang melakukan pengujian adalah kita sendiri. Berbeda kalau dengan SCV, data yang dibuat bank sudah bisa kita tetapkan, apakah simpanan ini layak bayar atau tidaknya," ujar dia.

Selain itu, pelaporan SCV akan menjadi evaluasi bagi LPS dalam mengambil kebijakan penjaminan simpanan dan LPS rate, bahan verifikasi penghitungan premi penjaminan yang dibayarkan bank, dan resolusi bank untuk mendukung proses least cost test (LCT).

Rencananya, aplikasi SCV ini akan diwajibkan sebagai pelaporan data dari 107 bank umum baik konvensional maupun syariah. LPS sebelumnya juga telah melakukan uji coba bersama dengan tiga bank yaitu Bank Mandiri, BTN, dan BTPN Syariah yang hasil laporan SCV-nya sudah cukup baik.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id