Generasi Milenial Bisa Jawab Isu Strategis Penghambat Penetrasi Perbankan Syariah

    Annisa ayu artanti - 07 Juli 2021 14:06 WIB
    Generasi Milenial Bisa Jawab Isu Strategis Penghambat Penetrasi Perbankan Syariah
    Wakil Presiden Ma'ruf Amin. foto : Mi/Adam Dwi.



    Jakarta: Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai generasi milenial bisa menjawab isu strategis dan tantangan yang membayangi penetrasi sektor perbankan syariah Indonesia.

    Ia menjelaskan saat ini isu utama yang dihadapi penetrasi perbankan syariah adalah belum adanya diferensiasi model bisnis signifikan. Lalu, kualitas dan kuantitas SDM yang kurang optimal. Kemudian rendahnya tingkat literasi dan inklusi dan layanan perbankan syariah yang kurang kompetitif jika dibandingkan produk dan layanan perbankan konvensional.

     



    "Beberapa solusi yang dapat menjawab penetrasi pasar perbankan syariah saat ini antara lain pentingnya generasi milenial untuk masuk ke pasar perbankan syariah," kata Ma'ruf dalam Webinar Peran, Tantangan, dan Solusi Bank Syariah di Industri Perbankan Indonesia, Rabu, 7 Juli 2021.

    Hal itu dikatakannya lantaran potensi generasi penduduk Indonesia yang didominasi oleh generasi Z (atau i-Generation) cukup besar yaitu sekitar 27,94 persen dan generasi milenial sebesar 25,87 persen.

    Mereka telah melek internet sejak usia dini. Mereka juga saat ini cenderung memiliki minat yang besar untuk memilih gaya hidup yang sesuai dengan agama dan keyakinannya.

    "Sesuai hasil riset yang diselenggarakan oleh Inventure Knowledge tahun 2020 tentang Millennial Muslim Megashifts antara lain menyimpulkan bahwa generasi yang populer disebut Gen-Sy (Gen-si) didominasi anak muda yang akrab dengan produk dan layanan perbankan Syariah," jelasnya.

    Selain itu, lanjut Ma'ruf ,yang dapat menjawab tantangan penetrasi pengembangan bank syariah adalah penyediaan produk dan layanan perbankan syariah yang kompetitif.

    "Penyediaan distribusi kanal digital agar lebih mudah diakses masyarakat, produk yang menyesuaikan dengan gaya hidup masyarakat sehari-hari, kemudahan transaksi dan interaksi untuk nasabah, dan jaringan mitra yang luas," tuturnya.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id