Kuartal III, Maybank Indonesia Bukukan Laba Bersih Rp1,1 Triliun

    Angga Bratadharma - 28 Oktober 2020 09:33 WIB
    Kuartal III, Maybank Indonesia Bukukan Laba Bersih Rp1,1 Triliun
    Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria. FOTO: Medcom.id/Angga Bratadharmaa
    Jakarta: PT Bank Maybank Indonesia Tbk atau Maybank Indonesia membukukan laba bersih setelah pajak dan kepentingan non pengendali (PATAMI) tetap sama yaitu sebesar Rp1,1 triliun per 30 September 2020 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

    President Director of Maybank Indonesia Taswin Zakaria mengatakan wabah yang belum pernah terjadi sebelumnya telah memengaruhi kinerja industri perbankan, termasuk Maybank. Pencapaian kinerja ini mencerminkan kondisi menantang yang dialami di mana beberapa langkah yang diperlukan telah dan terus akan ditempuh untuk mencegah dampak pandemi.

    "Kami akan terus mengambil langkah proaktif untuk mengantisipasi dampak lebih lanjut terhadap portofolio kami dari gangguan pandemi. Sementara pada saat yang sama meraih peluang bisnis melalui layanan digital banking kami yang kini mulai menunjukkan hasil positif," kata Taswin, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 28 Oktober 2020.

    Pengelolaan biaya secara disiplin, disertai dengan pertumbuhan yang solid di bisnis syariah, dan peningkatan pendapatan non bunga membantu mengurangi dampak volatilitas, disrupsi pasar, dan total kredit yang lebih rendah sebagai akibat wabah covid-19.  Laba sebelum pajak (PBT) turun sedikit sebesar 6,1 persen menjadi Rp1,5 triliun.

    Pendapatan non bunga turun sebanyak 7,1 persen menjadi Rp1,7 triliun per September 2020. Tahun lalu, Maybank menyertakan pendapatan one-off dari penyelesaian arbitrase domestik sebesar Rp101,0 miliar dan pendapatan terkait pajak sebesar Rp68,7 miliar. Sejalan dengan itu, pendapatan non bunga rutin untuk sembilan bulan meningkat 2,2 persen.

    Peningkatan non bunga rutin terutama berasal dari fee terkait global market, bancassurance, investasi, dan transaksi e-channel. Fee terkait global market melonjak 85,3 persen menjadi Rp518,3 miliar pada September 2020, sementara fee bancassurance dan wealth management membukukan peningkatan 26,7 persen menjadi Rp210,6 miliar.

    Rasio CASA meningkat dari 36,4 persen pada September 2019 menjadi 39,7 persen pada September 2020, didukung kenaikan rekening giro 13,4 persen dan rekening tabungan 5,9 persen. Rasio kredit terhadap simpanan/Loan to Deposit (LDR bank saja) berada pada tingkat yang sehat sebesar 80,7 persen,.

    Sementara rasio Liquidity Coverage Ratio (LCR bank saja) tercatat sebesar 178,6 persen per September 2020, jauh di atas ketentuan minimum sebesar 100 persen. Maybank memberikan fokus pada transformasi digital yang tengah berjalan dengan meningkatkan dan menyempurnakan layanan digital banking.  

    Terkait struktur permodalan tercatat tetap kuat dengan rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) sebesar 23,5 persen pada September 2020 dibandingkan dengan 20,1 persen tahun lalu dan total modal sebesar Rp26,7 triliun pada September 2020.

    Lebih lanjut, Maybank mencatat penurunan pendapatan bunga bersih sebesar 8,4 persen menjadi Rp5,6 triliun yang terutama disebabkan oleh total outstanding pinjaman dan imbal hasil yang lebih rendah sebagai akibat dari penurunan suku bunga, serta dampak dari proses restrukturisasi pinjaman yang sedang berlangsung untuk nasabah yang terdampak pandemi.  

    Marjin bunga bersih atau Net Interest Margin (NIM) sebesar 4,69 persen per September 2020 dibandingkan 4,97 persen pada September 2019. Sedangkan tingkat Non Performing Loan (NPL) berada pada level 4,3 persen (gross) dan 2,8 persen (net) per September 2020 dibandingkan dengan 2,6 persen (gross) dan 1,5 persen (net) per September 2019.  

    "Hal ini terutama disebabkan oleh lebih rendahnya total outstanding kredit pada September 2020 dan dampak situasi pandemi saat ini yang memengaruhi beberapa rekening. Maybank terus menempuh langkah proaktif untuk membantu nasabah menghadapi tantangan dan fokus pada restrukturisasi kredit untuk menjaga kualitas aset," pungkasnya.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id