Pertamina International Shipping Bakal IPO

    Suci Sedya Utami - 05 Mei 2021 19:01 WIB
    Pertamina International Shipping Bakal IPO
    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto : MI.



    Jakarta: Subholding PT Pertamina (Persero) di bidang marine dan logistik, PT Pertamina International Shipping (PIS) akan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui penawaran saham perdana (initial public offering/IPO).

    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjelaskan IPO akan dilakukan pada tahun ini. Namun untuk detailnya, pihaknya akan terlebih dahulu melihat performa atau corporate action yang dilakukan PIS. Termasuk dengan upaya transformasi yang tengah dimulai dengan menjadikan PIS sebagai perusahaan terintegrasi dengan menjalankan bisnis logistik serta storage ports.

     



    "Ini kan ada banyak, ada swasta, BUMN tentu window-nya pada saat yang tepat, tapi InsyaAllah tahun ini," kata Erick dalam peresmian subholding PIS, Jakarta, Rabu, 5 Mei 2021.

    Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini mengatakan untuk melakukan go publik tentu harus berkordinasi dengan berbagai pihak.

    Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury mengatakan dengan adanya transformasi bisnis ini akan menjadikan nilai atau valuasi PIS meningkat hingga 10 kali lipat.

    "Biasanya dasar valuasi 6-7. Kita berharap mencapai 9-10 kalinya karena bisnisnya berubah. Nanti aset-aset storage, ports yang akan menaikkan stabilitas cashflow," jelas Pahala.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id