IHSG Diprediksi Belum Bisa Bertengger di Zona Hijau

    Annisa ayu artanti - 18 Maret 2020 09:35 WIB
    IHSG Diprediksi Belum Bisa Bertengger di Zona Hijau
    Ilustrasi. Foto : MI/ROMMY PUJIANTO.
    Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini berpotensi melanjutkan pelemahan. Faktor regional dan fundamental ekonomi menjadi sentimen utama pelemahan indeks.

    Analis Indosurya Bersinar Sekuritas mengatakan, selain kondisi pasar global, kondisi regional saat ini juga berada dalam tekanan. Indeks diperkirakan akan diperdagangkan di level support-resistance 4.226-4.634.

    "Hari ini IHSG berpotensi melemah," sebut William dalam riset hariannya, Rabu, 18 Maret 2020.

    Selain itu, lanjut William, harga komoditas yang terus terpengaruh kondisi perekonomian global serta nilai tukar rupiah yang melemah hingga menembus level Rp15 ribu juga menjadi sentimen negatif bagi pergerakan IHSG.  

    Namun demikian, William masih merekomendasikan investor untuk mencermati sejumlah saham emiten seperti PT Astra Internasional Tbk (ASII), PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), PT Nippon Indosari Corporindo Tbk (ROTI), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), dan PT Kalbe Farma Tbk (KLBF).

    Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji melihat tren negatif seperti ini akan terus dilalui indeks dalam beberapa hari ke depan. Penyebab tren ini masih dikarenakan dampak dari meluasnya virus korona.

    Untuk hari ini Nafan memprediksi indeks akan diperdagangkan di level support 4.330,76-4.408,8 dan resistance 4.640,87-4.611,35.

    "Pergerakan IHSG berpeluang menuju area support," ucapnya.

    Saat ini pelaku pasar masih cenderung menghindar pada instrumen-instrumen berisiko. Sehingga untuk melaju di zona positif belum memungkinkan.

    Nafan merekomendasikan beberapa saham BUMN yang bisa diperhatikan investor hari ini seperti PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Timah Tbk (TINS), dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM)



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id