comscore

Awas Boncos! Kurs Rupiah Punya Potensi Melemah Hari Ini

Annisa ayu artanti - 12 Mei 2022 11:09 WIB
Awas <i>Boncos</i>! Kurs Rupiah Punya Potensi Melemah Hari Ini
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Jakarta: Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) masih berpotensi melemah meskipun mampu menguat tipis pada pembukaan pasar hari ini. Adapun saat ini, mata uang Garuda kembali melemah 16 poin ke level Rp14.570 per USD.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menjelaskan, data inflasi Amerika Serikat yang dirilis sebesar 8,3 persen mengindikasikan bank sentral Amerika Serikat (AS) belum bisa menahan laju penguatan inflasi AS meski sudah menaikkan suku bunganya sebesar 50 bps.
Selain itu, permasalahan yang terjadi di Tiongkok yakni penguncian di Kota Shanghai juga memberikan pengaruh pada ekonomi global. Kota Shanghai merupakan kota terbesar di Tiongkok dengan 35 juta jiwa.

"Pada saat Tiongkok mengalami satu permasalahan ekonomi, akan berdampak terhadap ekonomi global, karena Tiongkok 18 persen perekonomian itu ke ekonomi global. Saat Tiongkok bermasalah, di AS bermasalah, ini membuat harga, mata uang, dan komoditas mengalami pelemahan, salah satunya mata uang rupiah," kata Ibrahim, Kamis, 12 Mei 2022.

Sementara dari sisi internal, pergerakan rupiah masih dipicu oleh rilis pertumbuhan ekonomi kuartal I-2022 yang sebesar 5,01 persen. Ia mengatakan, meskipun capaian itu lebih baik daripada prediksi beberapa pengamat yang hanya lima persen, namun menurut Menteri BUMN capaian tersebut masih rendah dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya.

"Kita tahu pertumbuhan ekonomi di kuartal I-2022 di 5,01 persen itu level yang paling bagus berdasarkan beberapa pengamat karena ekspektasi lima persen. Namun banyak sekali pejabat, terutama Menteri BUMN yang menyatakan 5,01 itu paling kecil dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya terutama Vietnam," tuturnya.

Seperti diketahui, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat pada perdagangan Kamis pagi terpantau menguat tipis ketimbang penutupan perdagangan di hari sebelumnya di posisi Rp14.554 per USD. Mata uang Garuda mampu perkasa di tengah tingkat inflasi AS masih akan tinggi yang akhirnya memperlambat kebijakan moneter agresif dari The Fed.
 
Mengutip Bloomberg, Kamis, 12 Mei 2022, nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi dibuka menguat di posisi Rp14.545 per USD. Pagi ini nilai tukar rupiah bergerak di kisaran Rp14.539 hingga Rp14.551 per USD. Sedangkan menurut Yahoo Finance, nilai tukar rupiah berada di level Rp14.517 per USD.


(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id