comscore

Bersiap Trader, Pemerintah Buka Bursa Kripto Akhir Tahun

Annisa ayu artanti - 17 Juni 2021 19:24 WIB
Bersiap <i>Trader</i>, Pemerintah Buka Bursa Kripto Akhir Tahun
Ilustrasi aset kripto - - Foto: AFP/Chris Delmas
Jakarta: Pemerintah secara resmi akan membuka bursa kripto di Indonesia pada akhir 2021. Saat ini Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) masih menggodok penyelenggaraan dan penyediaan sistem atau sarana untuk kegiatan jual beli komoditi aset kripto tersebut.
 
Kepala Bappebti RI Wisnu Wardhana berharap bursa cryptocurrency akan berjalan akhir tahun ini. Bursa aset kripto nantinya akan menjadi wadah untuk mengawasi transaksi perdagangan mata uang kripto yang terus mengalami peningkatan signifikan. 

"Bursa sedang dalam proses. target kami dari Bappebti paling lambat akhir tahun 2021 sudah ada bursanya. Sudah berjalan," kata Wisnu dalam diskusi Mengelola Demam Aset Kripto, Kamis, 17 Juni 2021.
Wisnu menambahkan Bappebti turut membuka peluang dalam pembuatan single investor identification (SID) seperti di bursa saham. Bappebti akan menggandeng sejumlah pihak untuk membuat standar pembentukan account number. Untuk sementara account number para pemain aset kripto adalah kartu tanda penduduk (KTP).

"Kalau mau ada account number, mungkin kita akan duduk sama sama. Mungkin account number itu dibuat standarnya," jelas Wisnu.
 
Sebelumnya, Menteri Perdagangan M Lutfi  membeberkan jumlah pemain dan transaksi aset kripto telah melesat signifikan. Pemain kripto tercatat meningkat dari empar juta di 2020 menjadi 6,5 juta pada Mei 2021. Transaksi dalam lima bulan pertama 2021 juga tumbuh lima kali lipat mencapai Rp370 triliun. Padahal pada 2021 transaksi aset kripto baru sekitar Rp65 triliun.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id