Investor Wait and See, IHSG Bakal Flat

    Ade Hapsari Lestarini - 30 Juli 2020 09:02 WIB
    Investor <i>Wait and See</i>, IHSG Bakal <i>Flat</i>
    Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
    Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini akan bergerak datar. Minimnya sentimen positif diprediksi masih menjadi faktor pergerakan IHSG hari ini.

    "Kami menilai, net sell asing yang masih mendominasi pasar domestik, serta minimnya sentimen pada minggu ini, berpotensi membuat IHSG kembali bergerak flat," tutur tim analis Samuel Sekuritas Indonesia, dalam hasil risetnya, Kamis, 30 Juli 2020.

    Hasil riset tersebut memaparkan net sell asing pada pasar regular mencapai Rp372,2 miliar. Saham dengan nilai net sell asing tertinggi di pasar reguler dicetak oleh PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) senilai Rp97,3 miliar, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) sebesar Rp34,6 miliar), dan PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) sebesar Rp33,1 miliar.

    Sementara saham dengan nilai net buy asing tertinggi adalah PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) sebesar Rp52,5 miliar), PT Charoen Phokpand Indonesia Tbk (CPIN) sebesar Rp18,2 miliar, dan PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) sebesar Rp11,3 miliar.

    "Investor diperkirakan cenderung wait and see menunggu data inflasi awal pekan depan serta rilis laporan keuangan semester I-2020 para emiten," lanjut riset tersebut.

    Sebelumnya pasar saham AS bergerak positif merespons hasil pertemuan The Feds yang mempertahankan suku bunga Fed di level 0,25 persen. Indeks Dow Jones (DJIA) naik 0,61 persen ke level 26.539, indeks S&P500 menguat 1,24 persen, dan Nasdaq naik 1,35 persen.

    Selain itu harga minyak mentah dunia WTI pagi ini berada pada level USD41,3 per barel, dengan minyak Brent berada di posisi USD43,7 per barel dan harga emas bertengger di level USD1.958 per troy ons.

    Adapun rilis data terkini adalah penjualan motor Indonesia per Juni 2020 turun 56,4 persen yoy (Mei 2020 merosot 96,1 persen). Sementara pekan depan, investor akan berfokus pada rilis data inflasi Indonesia per Juli 2020.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id