Tak Bisa Mudik? Jangan Sedih, Uangnya Bisa Ditabung

    Gervin Nathaniel Purba - 23 Mei 2020 09:47 WIB
    Tak Bisa Mudik? Jangan Sedih, Uangnya Bisa Ditabung
    Director and Chief Marketing Officer Manulife Indonesia Novita Rumngangun. (Foto: Dok. Manulife Indonesia)
    Jakarta: Mudik menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia dalam menyambut hari raya Idulfitri. Namun, tahun ini mudik tak bisa dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus korona (covid-19).

    Demi kebaikan bersama, kita patut mematuhi larangan mudik yang diterapkan pemerintah. Sisi baiknya, tidak mudik dan berdiam diri di rumah memberikan manfaat dari segi finansial. Anda bisa berhemat.

    Director and Chief Marketing Officer Manulife Indonesia Novita Rumngangun mengatakan pada situasi perekonomian tak menentu di tengah pandemi covid-19, berhemat merupakan pilihan bijak. Biaya mudik bisa ditabung atau diinvestasikan.

    "Jika ada cost untuk mudik, misalnya untuk hotel dan transportasi, jangan jadikan cost sebagai expand atau spending kita. Justru itu memberikan kesempatan buat kita menabung, atau investasi. Jadi jangan dialihkan untuk konsumtif. Diharapkan setelah covid-19 berlalu, uang bisa digunakan untuk kebutuhan yang lebih penting, atau berlibur," ujar Novita dalam program Do It Manulife Indonesia bertema Tidak Mudik Tetap Asik, dikutip Metro TV.

    Tanpa mudik, silaturahmi masih bisa dilakukan dengan cara lain. Melalui telepon dan video call, misalnya. Rasa rindu tetap bisa terobati, meskipun tidak bisa bertemu secara fisik.

    "Kalau dulu jauh di mata, dekat di hati. Sekarang tetap di mata, tetap di hati. Masih bisa tatapan langsung dan mengobrol untuk melepas rindu. Kalau mau seperti keadaan normal, ya nanti dulu," ujar Novita yang akrab disapa Nona.

    Dia juga mengingatkan agar dana tunjangan hari raya (THR) digunakan sebijak mungkin. Tetap harus fokus pada kebutuhan. Bukan berdasarkan keinginan. Sisa uang bahkan bisa dialokasikan sebagai dana darurat. 

    "Kalau tidak dapat THR, sudah jelas jangan mudik. Kalau pendapatan berkurang dan tidak dapat THR, berhenti belanja barang-barang konsumtif," ujarnya.

    Nona juga menyemangati orang-orang yang kehilangan pekerjaan akibat wabah covid-19. "Tetap berusaha dan bersikap positif. Selama ada kemauan, insyaAllah pasti jalan lain terbuka," kata Nona optimistis.

    Selain itu, Nona juga mengingatkan pentingnya memiliki asuransi sejak dini. Asuransi sangat penting pada situasi tidak terduga seperti saat ini.

    "Jangan lupa asuransi kesehatan untuk mengcover biaya kesehatan. Jangan sampai sakit, lalu THR tidak ada, dan tidak ada cover dari perusahaan. Dana yang tersisa malah habis untuk biaya rumah sakit," kata Nona, mengingatkan.

     

    (ROS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id