BI: 480 Ribuan Bilyet Uang Rp75 Ribu Sudah Beredar di Sumut

    Antara - 08 April 2021 08:27 WIB
    BI: 480 Ribuan Bilyet Uang Rp75 Ribu Sudah Beredar di Sumut
    Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumut Soekowardojo menunjukkan UPK-75 usai pemberian penghargaan kepada lima bank yang paling banyak mengedarkan uang tersebut. FOTO: ANTARA/Evalisa Siregar



    Medan: Bank Indonesia (BI) menyebutkan sebanyak 480 ribuan bilyet Uang Peringatan Kemerdekaan RI ke-75 (UPK-75/Rp75.000) sudah beredar di tengah masyarakat dari dua juta lembar jatah kantor perwakilan Medan, Sumatra Utara (Sumut).

    Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Sumut Soekowardojo mengatakan dari total secara nasional sebesar 75 juta bilyet UPK-75 yang dicetak, Sumut mendapatkan 3,6 juta bilyet. Sebanyak 3,6 juta lembar UPK-75 untuk Sumut itu disalurkan ke masyarakat melalui tiga kantor perwakilan BI yakni Medan, Pematangsiantar dan Sibolga.






    Dia mengatakan itu usai memberi penghargaan kepada lima bank yang menyebarkan UPK-75 terbesar di Sumut. Lima bank itu yakni Bank Mandiri, Bank Mestika, BCA, Danamon, dan Bank Mayapada. Dia menjelaskan untuk BI Kantor Perwakilan Medan mendapat jatah dua juta. Dari dua juta itu, sudah terserap/ditukar masyarakat sebanyak 480 ribuan bilyet.

    "BI berharap perbankan bisa terus meningkatkan penyebaran UPK-75 itu," ujarnya, dilansir dari Antara, Kamis, 8 April 2021.

    Ia menambahkan untuk mendapatkan UPK-75 itu, prosedurnya semakin mudah. Satu orang atau satu Kartu Tanda Penduduk (KTP) bisa menukarkan hingga 100 lembar dalam satu hari. Dirinya menegaskan UPK-75 merupakan alat pembayaran yang sah seperti uang rupiah lainnya.

    "Momentum Idulfitri 2021 diharapkan bisa meningkatkan peredaran uang Rp75 ribu itu," pungkasnya.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id