Layanan Penukaran Uang Sudah Dibuka di 107 Bank Umum

    Eko Nordiansyah - 14 April 2021 13:09 WIB
    Layanan Penukaran Uang Sudah Dibuka di 107 Bank Umum
    Ilustrasi penukaran uang lebaran - - Foto: Medcom/ Kuntoro Tayubi



    Jakarta: Bank Indonesia (BI) tidak akan membuka layanan penukaran uang secara langsung bagi masyarakat selama Ramadan dan Lebaran. Namun, layanan penukaran uang kertas baru ini tersedia di 107 bank umum di seluruh Indonesia.

    Direktur Eksekutif Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mengatakan layanan kas penukaran uang sudah bisa dilakukan masyarakat sejak 12 April walau bank sentral tidak melayani penukaran langsung.






    "Layanan kas sudah kita mulai dari 12 April kemarin sampai H-2 Lebaran, 11 Mei 2021. Adapun titik layanan penukaran ini kami telah bersinergi dengan perbankan," katanya dalam video conference di Jakarta, Rabu, 14 April 2021.

    Selain itu, BI dan perbankan juga melayani penukaran uang secara kolektif (wholesale). Artinya, BI maupun bank bisa melakukan layanan penukaran uang bekerja sama dengan stakeholder, seperti lembaga instansi yang membutuhkan penukaran secara wholesale.

    "Beberapa lembaga instansi yang memang membutuhkan penukaran secara wholesale. Perbankan akan melakukan penukaran pada nasabahnya, kelompok masyarakat dan tentunya dengan beberapa lembaga. Itu yang kita lakukan di 2021 ini," ungkap dia.

    Ia menjelaskan alasan BI hanya melayani penukaran uang secara wholesale untuk mencegah terjadinya kerumunan masyarakat. Apalagi dengan kondisi pandemi covid-19 yang masih berlangsung, BI tak ingin menimbulkan klaster penyebaran baru.

    "Jadi protokol kesehatan betul-betul diterapkan kita dengan cara mengurangi kerumunan khususnya dalam penukaran uang ini. Prinsipnya semua jaringan bank sudah siap sejak tanggal 12 kemarin untuk melakukan penukaran ke masyarakat," pungkasnya.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id