Bursa AS Lemah, IHSG Rentan Terkoreksi

    Ade Hapsari Lestarini - 18 November 2020 08:18 WIB
    Bursa AS Lemah, IHSG Rentan Terkoreksi
    Foto: dok MI.
    Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diprediksi bisa melemah mengikuti gerak bursa Amerika Serikat (AS) yang tertekan.

    "Hari ini kami memperkirakan IHSG akan rawan terkoreksi menyusul pergerakan bursa AS semalam," tutur tim analis Samuel Sekuritas Indonesia, dalam hasil risetnya, Rabu, 17 November 2020.

    Adapun untuk bursa regional pada pagi ini seperti indeks Nikkei Jepang terpantau turun 0,79 persen. Sedangkan indeks Kospi Korea Selatan naik 0,24 persen.

    Bursa saham AS pada perdagangan semalam ditutup melemah. Indeks Dow Jones turun 0,56 persen, S&P melemah 0,48 persen, dan Nasdaq turun 0,21 persen. Saham-saham di AS tertekan setelah adanya aksi profit taking usai dua hari perdagangan sebelumnya terus menguat dan telah mendekati level tertingginya.

    "Sentimen negatif yang membayangi bursa AS adalah semakin tingginya kasus covid-19 di sana. Sentimen negatif lain datang dari data pertumbuhan penjualan ritel AS Oktober sebesar 0,3 persen, lebih rendah dari konsensus yang memperkirakan penjualan ritel tumbuh 0,5 persen," jelasnya.

    Selain itu sentimen lainnya datang dari pernyataan Gubernur The Fed Jerome Powell yang mengatakan bantuan stimulus dari pemerintah semakin mendesak saat ini.

    Di sisi lain, dari pasar komoditas, harga minyak hanya sedikit bergerak, dengan harga minyak mentah berjangka Brent flat 0,05 persen dan West Texas Intermediate (WTI) naik 0,19 persen. Sedangkan harga emas turun 0,41 persen.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id