Sempat Diragukan, Bisnis E-Commerce Sekarang Jadi Primadona

    Annisa ayu artanti - 21 Oktober 2020 21:47 WIB
    Sempat Diragukan, Bisnis <i>E-Commerce</i> Sekarang Jadi Primadona
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi membeberkan bahwa e-commerce atau platform berjualan secara daring sempat diragukan. Padahal dengan kemajuan internet, peluang bisnis tersebut menjadi lebih besar dan pesat.

    "Saat pertama kali masuk ke Indonesia, e-commerce sangat diragukan oleh konsumen. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, e-commerce telah mendapatkan kepercayaan dari konsumen," kata Inarno dalam acara Capital Market Summit & Expo 2020, Rabu, 21 Oktober 2020.

    Ia menjelaskan tren transaksi e-commerce pun meningkat tiap tahunnya. Mengacu data Badan Pusat Statistik pada 2019, pertumbuhan usaha e-commerce mencapai 25,11 persen. Padahal sebelumnya pada 2010 pertumbuhan usaha tersebut hanya tercatat 1,53 persen.

    Menurutnya, bisnis e-commerce saat ini sangat menjanjikan seiring dengan bertambahnya jumlah pengusaha, pelaku UMKM yang bergabung di dunia online, dan startup atau perusahaan rintisan.

    "Perubahan lifestyle masyarakat Indonesia, khususnya para generasi milenial serta situasi pandemi, mengubah kebiasaan masyarakat dari kebiasaan belanja di toko secara fisik menjadi belanja online," jelasnya.

    Oleh karena itu dalam mengembangkan bisnis e-commerce di masa depan kebutuhan pendanaan menjadi syarat utama. Inarno pun menambahkan, bursa sangat terbuka bagi perusahaan e-commerce untuk menggalang dana dari pasar modal.

    "Dan pasar modal bisa menjadi salah satu alternatif pendanaan yang menarik bagi perusahaan tersebut," pungkasnya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id