Modalku Bidik Penyaluran Pinjaman hingga Rp30 Triliun di 2021

    Husen Miftahudin - 30 Maret 2021 19:44 WIB
    Modalku Bidik Penyaluran Pinjaman hingga Rp30 Triliun di 2021
    Ilustrasi penyaluran pinjaman fintech lending - - Foto: Medcom



    Jakarta: Platform peer to peer (P2P) lending, Modalku menargetkan total penyaluran pinjaman hingga akhir 2021 mencapai Rp30 triliun. Jumlah tersebut meningkat signifikan bila dibandingkan realisasi penyaluran pinjaman per akhir 2020 sebesar Rp22,4 triliun.

    "Selama lima tahun berjalan, Grup Modalku telah berhasil mencapai penyaluran pinjaman usaha sebesar Rp22,4 triliun. Ditargetkan total pendanaan selama enam tahun (per akhir 2021) bisa mencapai Rp30 triliun," kata Co-Founder & COO Modalku Iwan Kurniawan dalam konferensi pers virtual, Selasa, 30 Maret 2021.






    Selain itu, tambah Iwan, pihaknya juga berhasil menyalurkan total transaksi pinjaman sebesar empat juta atau naik dua kali lipat dari tahun lalu. Begitupun dengan total lender atau pemberi pinjaman yang juga naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

    "Total lender seperti saya ini atau yang memberi pinjaman di tahun lalu itu ada 100 ribu dan kini naik dua kali lipat menjadi 200 ribu lender," paparnya.

    Selain di Indonesia, Modalku juga menyalurkan pinjaman ke beberapa negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia dengan nama Funding Societies. Meski demikian, porsi terbesar penyaluran pinjaman saat ini masih ditopang dari Indonesia.

    Di tahun ini, Modalku juga melakukan ekspansi penyaluran hingga ke Thailand. Iwan melihat, Thailand memiliki potensi yang sangat tinggi untuk bertumbuh. Modalku saat ini juga tengah mengkaji kemungkinan ekspansi ke beberapa negara lain.

    "Setelah Thailand kami sedang mempelajari pasar lain yang besar, tapi kami belum dapat memastikan kapan ekspansinya dilakukan," jelas Iwan.

    Modalku berfokus pada pembiayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan menyediakan layanan P2P lending. Dalam hal ini, peminjam (UMKM yang berpotensi) bisa mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan hingga Rp2 miliar.

    "Pinjaman tersebut didanai oleh pendana platform seperti individu atau institusi yang mencari alternatif investasi melalui pasar digital," pungkas Iwan.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id