Bursa Siapkan 3 Upaya Sambut IPO Unicorn

    Annisa ayu artanti - 16 Februari 2021 12:46 WIB
    Bursa Siapkan 3 Upaya Sambut IPO <i>Unicorn</i>
    Ilustrasi perusahaan unicorn - - Foto: Fortune


    Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) menyiapkan beberapa upaya dalam menyambut kedatangan unicorn di pasar modal. Persiapan tersebut telah mempertimbangkan hasil benchmarking bursa-bursa global.

    "Pertama, melakukan penyesuaian Peraturan I-A yang saat ini sedang dalam tahap making rule. Bursa menyiapkan beberapa alternatif persyaratan pencatatan sehingga dapat mengakomodasi berbagai karakteristik perusahaan, termasuk namun tidak terbatas kepada perusahaan unicorn di Indonesia," kata Direktur Penilaian Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gede Nyoman Yetna kepada wartawan, Selasa, 15 Februari 2021.
     
    Kemudian, bursa telah mengimplementasikan sektoral baru untuk perusahaan tercatat yaitu IDX-IC per 25 Januari 2021. Bursa juga melakukan kajian hukum dan berdiskusi dengan otoritas dan stakeholder terkait potensi penerapan Dual Class Shares dengan skema Multiple Voting Shares di Indonesia.
     
    "IDX-IC tersebut akan lebih mencerminkan sektoral dari perusahaan tercatat sehingga mereka dapat lebih diperbandingkan dengan perusahaan tercatat lainnya di BEI dan juga dengan perusahaan tercatat di bursa global lainnya," sebutnya.

    Namun demikian, kesiapan IPO masing-masing perusahaan unicorn tergantung pada kesiapan internal perusahaan. Ia memastikan bursa selalu melakukan komunikasi intensif dalam memfasilitasi para unicorn untuk mencari pendanaan melalui pasar modal Indonesia.


    "Sebagaimana rekan-rekan ketahui bahwa timing IPO perusahaan berdasarkan kesiapan masing-masing internal perusahaan dalam memenuhi persyaratan IPO termasuk kelengkapan dokumen saat disampaikan ke bursa," jelasnya.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id