BI Sumut: 209.673 Pedagang Gunakan QRIS

    Antara - 10 November 2020 21:07 WIB
    BI Sumut: 209.673 Pedagang Gunakan QRIS
    Bank Indonesia. Foto : MI.
    Medan: Bank Indonesia Perwakilan Sumatra Utara mencatat jumlah pedagang yang menggunakan Standar QR Code untuk pembayaran digital atau QRIS di wilayah ini terus meningkat hingga mencapai 209.673 pada Oktober 2020.

    "Dengan terus meningkat, Sumut tetap tercatat masuk 10 besar penggunaan QRIS secara nasional," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut Wiwiek Sisto Widayat, dikutip dari Antara, Selasa, 10 November 2020.

    Ia menjelaskan peningkatan itu terlihat dari adanya tambahan 12.334 pedagang pengguna QRIS pada Oktober 2020 dibanding posisi September yang sebanyak 197.334.

    Wiwiek optimistis pengguna QRIS di Sumut terus bertambah karena masyarakat cenderung menggunakan transaksi non tunai di tengah pandemi covid-19.

    Selain itu, menurut dia, BI juga terus melakukan berbagai langkah untuk memastikan kelancaran sistem pembayaran non tunai.

    Salah satu upaya tersebut adalah dengan melakukan perjanjian kerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota untuk pengembangan ekonomi digital.

    Dengan kerja sama itu, maka pemerintah kabupaten/kota di Sumut diharapkan menggunakan QRIS untuk elektronifikasi transaksi pemerintah daerah.

    Wiwiek menambahkan upaya lainnya adalah melibatkan Bank Pembangunan Daerah (BPD) untuk ikut mengimplementasikan QRIS di 33 kabupaten/kota di Sumut.

    Saat ini, tambah dia, penggunaan QRIS di Sumut terbesar masih tetap di wilayah Kota Medan.

    "Dari total pedagang yang menggunakan QRIS di Sumut, hampir 60 persen berada di Medan," katanya.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id