Rupiah Bertahan Menguat di Sore Ini

    Husen Miftahudin - 05 April 2021 16:28 WIB
    Rupiah Bertahan Menguat di Sore Ini
    Ilustrasi. Foto: AFP/Bay Ismoyo.



    Jakarta: Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terpantau menguat di penutupan sore ini. Mata uang Garuda ini bertahan menguat sejak pembukaan perdagangan pagi.

    Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan kenaikan rupiah ini karena pemerintah masih memegang optimisme terhadap pemulihan ekonomi nasional. Pemerintah optimistis perekonomian Indonesia tahun ini akan tumbuh membaik hingga kisaran 5,6 persen.






    "Hal ini seiring dengan melandainya penambahan kasus baru serta penurunan kasus aktif covid-19, walaupun pertumbuhan ekonomi di kuartal pertama masih terjadi kontraksi," ungkap Ibrahim, dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Senin, 5 April 2021.

    Adapun mengutip data Bloomberg pada penutupan perdagangan hari ini, nilai tukar rupiah terhadap USD menguat sebanyak 10 poin atau setara 0,07 persen ke posisi Rp14.515 per USD dari Rp14.525 per USD pada penutupan perdagangan di hari sebelumnya.

    Sementara menukil data Yahoo Finance, rupiah juga berada di zona hijau pada posisi Rp14.510 per USD. Rupiah menguat sebanyak 64 poin atau setara 0,44 persen dari Rp14.574 per USD di penutupan perdagangan hari sebelumnya.

    Begitu pula dengan data kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (Jisdor), rupiah diperdagangkan di level Rp14.533 per USD atau menguat 44 poin dari nilai tukar rupiah pada perdagangan hari sebelumnya sebesar Rp14.577 per USD.

    "Untuk perdagangan Selasa, mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuasi namun ditutup  melemah di rentang Rp14.500 per USD sampai Rp14.550 per USD," pungkas Ibrahim.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id