comscore

Cari Dana Segar, HERO Jual IKEA Sentul City

Annisa ayu artanti - 02 September 2021 10:01 WIB
Cari Dana Segar, HERO Jual IKEA Sentul City
Gerai IKEA. Foto : Medcom.
Jakarta: PT Hero Supermarket Tbk (HERO) menjual gerai waralaba IKEA yang berlokasi di Sentul City, Kabupaten Bogor seharga Rp280 miliar.

Melalui keterbukaan informasi yang dikutip Medcom.id, Kamis, 2 September 2021 perusahaan menjual IKEA Sentul City kepada PT Archipelago Development (APD).
HERO dan APD tercatat memiliki pemegang saham yang sama yakni Mulgrave Corporation B.V dan The Dairy Farm Company Ltd, sehingga transaksi jual beli aset ini merupakan transaksi yang bersifat afiliasi.

Manajemen menyatakan alasan perusahaan menjual IKEA Sentul City lantaran perusahaan menghadapi kondisi perdagangan yang menantang yang disebabkan oleh pandemi covid-19 dan melemahnya kinerja perekonomian.

Dari kondisi tersebut, tercatat posisi neraca keuangan HERO juga telah menurun secara signifikan selama 12 bulan terakhir dengan membukukan posisi kas bersih sebesar Rp168 miliar pada 31 Desember 2020 dan posisi utang bersih sebesar Rp463 miliar pada 31 Desember 2020.

Adapun, pendapatan dari transaksi afiliasi ini akan digunakan untuk mengurangi fasilitas pinjaman dan mendukung kebutuhan modal kerja dan operasional perseroan.

Lalu manajemen juga berharap transaksi ini dapat memberikan dampak positif terhadap kondisi keuangan perseroan serta memberikan perseroan fleksibilitas keuangan untuk mendukung inisiatif pertumbuhan di masa depan.

"Perseroan diharapkan untuk membukukan pendapatan dari penjualan aset IKEA Sentul City yang akan meningkatkan nilai buku ekuitas di neraca perseroan," jelasnya.


(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id