comscore

Kebijakan Lepas Masker Jadi Angin Segar Pasar Saham

Annisa ayu artanti - 18 Mei 2022 11:04 WIB
Kebijakan Lepas Masker Jadi Angin Segar Pasar Saham
Ilustrasi kebijakan lepas masker di ruangan terbuka - - Foto: MI/ Ramdani
Jakarta: Kebijakan lepas masker di Indonesia memberikan angin segar bagi pasar saham. Tercatat pada pagi ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 1,25 persen atau berada di level 6.724,59.

"IHSG pagi ini di perdagangan menguat 1,25 persen salah satunya berasal dari optimisme pernyataan pemerintah," kata Deputi Head of Research Sinarmas Sekuritas Ike Widiawati kepada Medcom.id, Rabu, 18 Mei 2022.
 
Adapun pelonggaran memakai masker diberlakukan bagi yang beraktivitas di luar ruangan dan tidak padat orang. Menurutnya, keputusan Presiden Joko Widodo tersebut sudah tepat karena dibarengi dengan beberapa catatan.
"Saya rasa sudah tepat, melepas masker di ruang terbuka adalah keputusan yang tepat, namun memang nanti harus dilakukan prokes yang ketat jangan sampai di tempat ramai melepas masker nah ini yang keliru," ujarnya.

Dengan penerapan kebijakan ini, lanjut Ike, membuat pasar optimistis terhadap perekonomian Tanah Air. Pasar yakin bahwa kegiatan ekonomi akan lebih masif dengan pelonggaran tersebut.

"Dengan demikian, minimal pasar sudah mendapat suatu indikasi pemerintah sudah mulai siap untuk melakukan kegiatan ekonomi dengan lebih leluasa dan mungkin juga mulai mempersiapkan peralihan dan pandemi menjadi endemi," ucapnya.

Dihubungi terpisah, Direktur Center of Economics and Law Studie (Celios) Bhima Yudhistira juga mengungkapkan, pelonggaran ini bisa mempercepat pemulihan ekonomi RI. Pelonggaran ini akan membuat akses mobilitas masyarakat luas.

"Kalau masyarakat mulai bergerak di luar rumah secara lebih bebas, maka belanja masyarakat akan naik. Paling terasa di ritel dan transportasi, kenaikan permintaan bukan saja pada saat Lebaran kemarin tapi akan berlanjut sepanjang sisa 2022," pungkas Bhima.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id