comscore

Dukung UKM, KoinWorks Raih Pendanaan Rp1,6 Triliun

Annisa ayu artanti - 13 Januari 2022 12:43 WIB
Dukung UKM, KoinWorks Raih Pendanaan Rp1,6 Triliun
Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
Jakarta: Startup fintech KoinWorks mengumumkan pendanaan seri C sejumlah USD108 juta atau setara dengan Rp1,6 triliun.

Putaran pendanaan tersebut dipimpin oleh MDI Ventures, perusahaan ventura Telkom Indonesia dengan partisipasi dari investor sebelumnya seperti Quona Capital, Triodos Investment Management, Saison Capital, ACV, dan East Ventures.
Chairman dan Co-founder KoinWorks Willy Arifin menjelaskan, pendanaan kali ini terbagi dalam dua bagian yakni ekuitas senilai USD43 juta dan debt capital senilai USD65 juta. Pendanaan ini akan digunakan untuk mengembangkan solusi keuangan dan menambah karyawan KoinWorks.

Willy menilai, sebagai salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia, Indonesia memiliki jumlah usaha kecil menengah (UKM) yang mencapai lebih dari 62 juta. Indonesia juga memiliki proyeksi nilai barang dagangan bruto sebesar USD70 miliar tahun ini, dan jumlah itu diperkirakan akan tumbuh lebih dari dua kali lipat pada 2025.

Namun, akses ke lembaga keuangan masih menjadi kendala yang paling sering dihadapi UKM ketika mencoba mengembangkan bisnis mereka di pasar negara berkembang.

"KoinWorks akan terus memberdayakan UKM yang memiliki appetite dengan produk keuangan digital dengan sejumlah besar ekosistem produk yang mendukung pertumbuhan bisnis dan literasi keuangan untuk scale up bisnis mereka," ucap Willy dalam keterangan tertulis, Kamis, 13 Januari 2022.

Sebagai platform solusi keuangan, Willy menuturkan KoinWorks berfokus pada pasar yang underserved dan underbanked. KoinWorks menyediakan sarana bagi pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta freelancer untuk memulai perjalanan kewirausahaan dan mengembangkan bisnisnya dengan menawarkan berbagai produk yang tergabung dari sebuah Neobank untuk UKM, seperti NEO Account dan NEO Card, hingga akses untuk melakukan pinjaman dan meningkatkan produktivitas dalam berbisnis.

"KoinWorks akan terus memberdayakan UKM yang memiliki appetite dengan produk keuangan digital dengan sejumlah besar ekosistem produk yang mendukung pertumbuhan bisnis dan literasi keuangan untuk scale up bisnis mereka," ujarnya.

CEO MDI Ventures Donald Wihardja mengungkapkan, berinvestasi di KoinWorks sama dengan berinvestasi dalam literasi keuangan masyarakat yang underbanked dan underserved.

"Kami bangga dapat bersatu dengan tim yang memahami pentingnya setiap langkah dalam perjalanan kewirausahaan dan pertumbuhan UKM," jelas Donald.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id