Pertimbangan Investor Jadi Penentu Gerak IHSG

    Annisa ayu artanti - 15 Mei 2020 10:39 WIB
    Pertimbangan Investor Jadi Penentu Gerak IHSG
    Ilustrasi. Foto: Dok.MI
    Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan akhir pekan ini diprediksi masih melanjutkan pelemahan.

    Hal tersebut dipicu oleh oleh kekhawatiran investor terhadap rencana dibukanya kembali aktivitas perekonomian yang memicu penyebaran virus korona (covid-19) bertambah.

    "IHSG diprediksi melemah, secara teknikal mengindikasikan potensi pelemahan," kata Analis Artha Sekuritas Indonesia, Dennies Christoper dalam riset hariannya, Jumat, 15 Mei 2020.

    Dennies menuturkan, indeks akan diperdagangkan di level support 4.454-4.484 dan resistance 4.554-4.594. Investor menurutnya sudah melihat tanda-tanda peningkatan kasus baru covid-19 saat ini.

    "Investor juga masih akan fokus kepada perkembangan terkait pemulihan perekonomian dan di sisi lain akan berpotensi akan kembali memperluas penyebaran covid yang belum mereda," jelasnya.

    Dari sisi eksternal investor juga masih terus waspada bahwa krisis masih terus terjadi di dalam Amerika Serikat. Pasalnya data pengangguran terus meningkat.

    Pada minggu ini saja, ia menyebut, data pengangguran negeri Paman Sam tersebut masih meningkat sebanyak 3 juta penduduk. Lebih dari 36 juta penduduk tidak memiliki pekerjaan.

    Sedangkan dari bursa Asia, sebagian bursa saham dibuka menguat dengan optimisme data dari Tiongkok akan dirilis menguat. Data tersebut adalah data produsi industri Tiongkok dan investasi pada aset tetap.

    Beberapa saham yang bisa diperhatiakn pada akhir pekan ini adalah PT Astra International Tbk (ASII), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR), dan  PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN).



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id