Chatib Basri Sebut Fintech Bantu Bangkitkan UMKM di Daerah

    Ilham wibowo - 03 September 2020 19:13 WIB
    Chatib Basri Sebut <i>Fintech</i> Bantu Bangkitkan UMKM di Daerah
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Ekonom senior Muhammad Chatib Basri menyebut bahwa ekosistem di industri fintech lending sangat potensial mendorong UMKM bangkit di tengah pandemi covid-19. Akses permodalan yang terbuka lebar memungkinkan percepatan transformasi digital di daerah.

    Menurut Mantan Menteri Keuangan ini, industri keuangan suka tidak suka harus memperhitungkan fintech dalam mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional. Fitur yang telah diimplementasikan fintech unggul dalam sisi kecepatan serta jangkauan yang tidak bisa diperoleh dari industri keuangan konvensional.

    "Daya penetrasi fintech jauh lebih besar dengan industri keuangan tradisional. Pinjaman di Maumere infrastruktur tidak mudah untuk pinjam Rp500 ribu, kalau fintech memungkinkan dan mereka punya akses," kata Chatib dalam seminar nasional daring bertajuk Peran Fintech Pendanaan Bersama dalam Akselerasi Penyaluran Program PEN, Kamis, 3 September 2020.

    Data algoritma yang diolah fintech memungkinkan nasabahnya tidak perlu melampirkan syarat agunan dalam pengajuan kredit. Selama berkomitmen bisa melunasi, pinjaman pasti pasti cair usai verifikasi.

    "Saya melihat ada ruang untuk pengembangan. Apakah fintech dalam situasi seperti ini akan useful? Jawabannya iya, recovery pandemi butuh waktu panjang dan aktivitas harus online," ungkapnya.

    Meski begitu, industri fintech lending masih perlu dukungan regulasi seperti misalnya untuk pemberian akses plafon pinjaman yang lebih besar. Chatib meyakini besaran bunga akan turun seiring persaingan ketat pemain fintech.

    "Tingkat bunga akan turun kalau player lebih banyak. kalau nanti ditunjang digital ekosistem UKM di daerah akan punya kesempatan. tinggal didukung teknologi mengenai internet," tuturnya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id