IHSG Menanti Kesepakatan Stimulus AS

    Ade Hapsari Lestarini - 16 Oktober 2020 08:44 WIB
    IHSG Menanti Kesepakatan Stimulus AS
    Foto: dok MI.
    Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini masih akan dipengaruhi dari sentimen positif domestik.

    "Sentimen positif ini setelah menjalani minggu pertama pembukaan kembali ekonomi masa transisi DKI Jakarta. Namun sentimen global dapat kembali berpengaruh terhadap IHSG saat ini," tutur tim analis Samuel Sekuritas Indonesia, dalam hasil risetnya, Jumat, 16 Oktober 2020.

    Sementara bursa regional Nikkei Jepang dan Kospi Korea Selatan pada pagi ini diperdagangkan mix yakni masing-masing bergerak minus 0,72 persen dan naik 0,30 persen.

    Faktor global lainnya yakni dipegaruhi dari kabar Tiongkok yang sedang merancang peraturan baru terkait pembatasan ekspor akan material sensitif dan teknologi kepada perusahaan asing tertentu, atas dasar kepentingan keamanan nasional.

    "Dasar rancangan aturan ini terlihat dikaitkan dengan dasar pembatasan ekspor yang diterapkan AS sebelumnya," jelasnya.

    Di sisi lain penambahan kasus positif harian dalam negeri kemarin sebanyak 4.411 kasus, di atas rata-rata tujuh hari sebanyak 4.085 kasus. Sementara itu, terdapat lonjakan pada kasus sembuh harian sebanyak 5.810, yang merupakan tertinggi selama masa pandemi.

    Selain itu rilis data Weekly Jobless Claims AS periode 10 Oktober meningkat menjadi 898 ribu, yang merupakan level tertinggi dalam dua bulan terakhir. Peningkatan tidak terduga ini memberi kekhawatiran akan perbaikan serapan tenaga kerja.

    "Saat yang bersamaan, Menkeu AS Steven Mnuchin menilai kecil kemungkinan kesepakatan stimulus dapat diraih sebelum November," pungkasnya.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id