comscore

Hore! Transfer Antarbank Dipatok Maksimal Rp2.500

MetroTV - 25 Oktober 2021 12:04 WIB
Hore! Transfer Antarbank Dipatok Maksimal Rp2.500
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Foto: Tangkapan layar Metro TV
Jakarta: Bank Indonesia akan menerapkan BI-Fast untuk menggantikan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). Salah satu manfaatnya yaitu turunnya biaya transfer antarbank menjadi Rp2.500. 

"Rp2.500 adalah tarif maksimum. Jika ada bank yang bisa menawarkan lebih murah, silakan. Kami sangat mendukung," kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia, di Metro TV, Senin, 25 Oktober 2021.
Penerapan ini akan berlaku pada pekan kedua Desember 2021. Penerapan di gelombang pertama terdiri atas 22 bank, termasuk empat bank BUMN seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN. Sejumlah bank swasta lain seperti BCA dan Bank Syariah Indonesia juga masuk di gelombang pertama.

Baca: BI-Fast Dukung Konsolidasi Industri dan Integrasi Ekonomi Keuangan Digital

Untuk gelombang kedua akan ada 22 bank peserta lain yang akan menerapkannya pada Januari 2022. Selain turunnya biaya transfer bank, penerapan BI Fast juga berdampak pada penyelesaian pembayaran ritel yang real time dan lebih efisien. 

Sejauh ini, transfer antarbank masih variatif. Bahkan, ada bank yang mematok hingga Rp7.500 untuk biaya transfer. Bank-bank BUMN pun rata-rata masih mematok Rp6.500 untuk transfer antarbank. (Imanuel Rymaldi Matatula)


(UWA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id