comscore

Mahendra Siregar Terpilih Jadi Ketua OJK Periode 2022-2027

Fetry Wuryasti - 07 April 2022 18:09 WIB
Mahendra Siregar Terpilih Jadi Ketua OJK Periode 2022-2027
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terpilih Mahendra Siregar - - Foto: dok Kemenlu
Jakarta: Rapat Panitia Seleksi untuk Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2022-2027 memutuskan Mahendra Siregar menjadi Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sementara itu,  Mirza Adityaswara didapuk sebagai Wakil Ketua, sekaligus Ketua Komite Etik, Merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK.
Adapun Dian Ediana menjadi Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan, Inarno Djajadi sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Ogi Prastomiyono sebagai Kepala Pengawas IKNB, Sophia Isabella Wattimena sebagai Ketua Dewan Audit, dan Friderica Widyasari Dewi sebagai Anggota yang Membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen.

"Telah disepakati secara mufakat Calon DK OJK periode 2022-2027. Demikian kesepakatan kami berdasarkan musyawarah mufakat pada hari ini. Demikian dengan ini saya tutup," kata Ketua Rapat Komisi XI DPR RI Dolfie O.F.P., Kamis, 7 April 2022.


Profil lengkap Mahendra Siregar

Dikutip dari berbagai sumber, Mahendra memiliki sepak terjang yang luar biasa, mulai dari mantan anggota dewan komisaris pada beberapa perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan, pertambangan, manufaktur, teknologi, barang konsumen, hingga infrastruktur.

Pria kelahiran Bandung pada 17 Oktober 1962 ini merupakan ekonom ulung, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu).
 
Sejak lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, ia berkarir di Departemen Luar Negeri dengan menjabat sebagai Economic Third Secretary Kedutaan Besar Indonesia di London (1992-1995) dan duta informasi Kedutaan Besar Indonesia di Washington DC (1998-2001).
 
Mahendra kemudian bergabung dengan Kementerian Koordinator Perekonomian pada 2001. Ia dipercaya menjadi Asisten Khusus Menteri Koordinator Perekonomian Dorodjatun Kuntjoro-Jakti.
 
Mahendra yang lulusan S2 Ekonomi dari Universitas Monash, Australia, kemudian dipercaya menjadi Deputi Menko Perekonomian Bidang Kerjasama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional dari tahun 2005 hingga 2009.
 
Selanjutnya pada November 2009 Mahendra ditunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menempati posisi sebagai Wakil Menteri Perdagangan mendampingi Mari Elka Pangestu. Dua tahun bersama Kementerian Perdagangan, Mahendra kembali ditunjuk untuk mengisi jabatan pada posisi Wakil Menteri Keuangan pada 2011.
 
Setelah menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan, pada Oktober 2013 Mahendra kembali dipercaya mengisi jabatan sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) hingga di penghujung 2014. Kemudian pada 2019, ia mendapat amanah menjadi Duta Besar RI untuk Amerika Serikat sebelum ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Wamenlu pada tahun yang sama.
 
Pada bidang perbankan, Mahendra juga pernah menempati posisi sebagai direktur utama pada Indonesia Eximbank. Ia juga pernah menjabat komisaris beberapa perusahaan yaitu PT Dirgantara Indonesia (2003-2008) dan PT Aneka Tambang (2008-2009).


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id