Aksi Profit Taking Membayangi IHSG

    Ade Hapsari Lestarini - 20 Mei 2020 08:15 WIB
    Aksi <i>Profit Taking</i> Membayangi IHSG
    Foto: dok MI.
    Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini terpantau rawan berada di zona merah. Beberapa pemberitaan akan memberikan sentimen negatif terhadap IHSG.

    "Kami memprediksi IHSG hari ini rawan terkena aksi profit taking di tengah pelemahan bursa global," tutur tim analis Samuel Sekuritas, dalam hasil risetnya, Rabu, 20 Mei 2020.

    Selain itu ada dua sentimen yang berpotensi memengaruhi pergerakan IHSG pada hari ini. Pertama adalah pemberitaan harga properti bekas di atas Rp1 miliar turun 30 persen. Kemudian perpanjangan PSBB hingga 4 Juni 2020.

    Pagi ini indeks Nikkei Jepang dibuka sedikit menguat sebesar 0,29 persen. Sementara indeks Korea Selatan Kospi terpantau flat.

    Adapun perdagangan IHSG pada Selasa kemarin ditutup naik 0,83 persen ke level 4.548,7 setelah Bank Indonesia (BI) mempertahankan suku bunga di level 4,5 persen.

    Di sisi lain bursa saham AS pada perdagangan semalam ditutup melemah setelah dalam beberapa hari sebelumnya mengalami penguatan.

    Indeks Dow Jones turun 1,59 persen, indeks S&P500 melemah 1,05 persen, dan Nasdaq terkoreksi 0,54 persen. Para pelaku pasar mencermati perkembangkan vaksin virus korona meski percobaan tahap awalnya sudah baik.

    Selain itu investor juga mencermati potensi gelombang kedua wabah virus korona setelah beberapa negara bagian AS sudah mulai kembali melakukan aktivitas ekonominya.

    Sentimen negatif lain datang dari Gubernur The Fed, Jerome Powell yang memberikan testimoni bahwa The Fed sudah siap untuk menanggung kerugian terhadap skenario-skenario buruk yang mungkin terjadi akibat wabah virus.

    Pernyataan bernada pesimistis tersebut pun direspons negatif oleh pelaku pasar.

    Sementara dari komoditas, harga Brent turun 0,10 persen dan minyak WTI flat 0,08 persen. Harga minyak masih menunggu dan mengantisipasi kepastian turunnya suplai pada awal Juni, dengan para negara produsen minyak akan memangkas produksinya. Harga emas semalam naik 0,60 persen.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id