Modal Asing Kabur USD0,75 Miliar, Rupiah Melempem 1,58%

    Husen Miftahudin - 17 September 2020 17:09 WIB
    Modal Asing Kabur USD0,75 Miliar, Rupiah Melempem 1,58%
    Ilustrasi capital outflow - - Foto: MI/ Ramdani
    Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyampaikan dana asing kabur dari pasar keuangan domestik selama dua pekan pertama September 2020. Total net outflow dari pasar keuangan RI tersebut mencapai sebesar USD0,75 miliar.

    "Net outflow sebesar USD0,75 miliar pada dua minggu pertama September 2020 karena meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan, baik karena faktor global maupun domestik," ujar Perry dalam video telekonferensi pers hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) periode September 2020 di Jakarta, Kamis, 17 September 2020.

    Kondisi ini menyebabkan nilai tukar rupiah hingga 16 September 2020 tercatat depresiasi sebanyak 1,58 persen secara point to point dibandingkan dengan akhir Juli 2020. Atau terdepresiasi sebesar 6,42 persen dari posisi akhir Desember 2019.

    Menurut Perry, pelemahan rupiah pada Agustus-September 2020 antara lain dipengaruhi oleh masih tingginya ketidakpastian pasar keuangan, baik karena faktor global maupun sejumlah risiko domestik.

    Namun demikian dengan langkah-langkah stabilisasi yang dilakukan oleh bank sentral, sebut Perry, nilai tukar rupiah relatif terkendali di tengah tingginya tekanan pada Agustus-September 2020.

    Ke depan, Bank Indonesia memandang nilai tukar rupiah berpotensi kembali menguat seiring levelnya yang secara fundamental masih undervalued didukung inflasi yang rendah dan terkendali, defisit transaksi berjalan yang rendah, daya tarik aset keuangan domestik yang tinggi, serta premi risiko Indonesia yang menurun.

    "Bank Indonesia terus memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah sesuai dengan fundamentalnya dan bekerjanya mekanisme pasar, melalui efektivitas operasi moneter dan ketersediaan likuiditas di pasar," pungkas Perry.  

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id