Kurs Rupiah Diprediksi Fluktuatif

    Husen Miftahudin - 30 November 2020 07:44 WIB
    Kurs Rupiah Diprediksi Fluktuatif
    Foto: AFP/Adek Berry.
    Jakarta: Pergerakan kurs rupiah pada perdagangan hari ini diprediksi akan dibuka berfluktuatif. Namun demikian, masih ada peluang ditutup menguat.

    "Rupiah kemungkinan dibuka fluktuatif, tetapi ditutup menguat sebesar 5-70 poin di level Rp14.090 per USD hingga Rp14.130 per USD," kata Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi dalam keterangan resminya yang diterima Medcom.id, Senin, 30 November 2020.

    Ibrahim sebelumnya memaparkan kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan akhir pekan kemarin mengalami penguatan tipis. Musababnya, para pelaku pasar masih menaruh rasa optimistis terhadap kerja keras pemerintah dalam mengupayakan vaksin antivirus korona.

    "Pemerintah sampai saat ini terus berusaha dan berupaya semaksimal mungkin untuk mengamankan kesepakatan pengadaan vaksin baik dari Tiongkok, Inggris, maupun Amerika Serikat," ungkap Ibrahim.

    Proyeksi Goldman Sachs, sebut Ibrahim, berbeda dengan prakiraan para ekonom dalam negeri yang pada 2021 Indonesia baru memasuki fase pemulihan ekonomi. Artinya, pertumbuhan ekonomi Indonesia diramal hanya berada di kisaran 3-3,5 persen di tahun depan.

    "Dampak dari pandemi covid-19 memang sangat luar biasa terhadap perekonomian. Namun di masa pemulihan, pemerintah perlu berhati-hati dalam mengeluarkan kebijakan. Karena di masa pemulihan memerlukan anggaran yang cukup besar kalau menginginkan ekonomi kembali pulih dengan cepat," jelas dia.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id