comscore

Kembali Makan Korban, Begini Tips Terhindar dari Jeratan Pinjol Ilegal

MetroTV - 05 Oktober 2021 19:52 WIB
Kembali Makan Korban, Begini Tips Terhindar dari Jeratan Pinjol Ilegal
Tips terhindar dari jeratan pinjol ilegal dari OJK (Metro TV)
Jakarta: Kisah tragis gara-gara terlilit pinjaman online (pinjol) terus bertambah. Terbaru, seorang ibu di Wonogiri, Jawa Tengah, berinisial WPS karena tidak mampu membayar hutangnya dan diteror debt collector (penagih hutang).

Beberapa waktu lalu seorang guru honorer bernama Afika Muflihati asal Semarang, Jawa Tengah, juga menjadi korban jeratan pinjol ilegal. Berawal dari pinjaman ratusan ribu untuk kebutuhan hidup, hutang Afika membengkak menjadi Rp206 juta.
Afika juga tak luput dari teror penagih pinjol dengan cara mengancam, bahkan sampai mempermalukan. Diketahui, praktik-praktik tersebut biasanya dilakukan oleh penyedia jasa pinjaman online ilegal.

Kembali Makan Korban, Begini Tips Terhindar dari Jeratan Pinjol Ilegal
(Ciri-ciri pinjol ilegal dari OJK)

Lalu apa yang mesti dilakukan agar terhindar dari jeratan pinjol ilegal? Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membagikan tips agar masyarakat  tetap aman mengajukan pinjaman online.

1. Cek legalitas pinjol

Masyarakat diimbau untuk meminjam dana hanya kepada lembaga pinjol yang terdaftar di OJK. Adapun daftarnya dapat diakses melalui laman ojk.go.id. Hal ini dapat menghindari penagihan dengan tindak kekerasan yang melanggar hukum oleh pinjol ilegal.

Baca: OJK Berantas 425 Penyelenggara Investasi dan 1.500 Pinjaman Online Ilegal

"Masyarakat yang punya smartphone kami sarankan meluangkan waktu kurang dari dua menit untuk mengecek apakah pinjol tersebut legal atau tidak," ujar Ketua Satgas Waspada Investasi OJK, Tongam L. Tobing, dalam Newsline Metro TV, Selasa, 5 Oktober 2021.

2. Pinjam sesuai kemampuan bayar

Pinjol memang bisa menyediakan dana segar dalam jumlah besar dan cepat. Namun, pastikan untuk tidak terdorong nafsu meminjam diluar batas kemampuan membayar.

Kembali Makan Korban, Begini Tips Terhindar dari Jeratan Pinjol Ilegal

Korban Pinjol ilegal seringkali terlilit bunga hutang yang menumpuk lantaran dirinya meminjam dana yang tidak sesuai dengan kemampuannya melunasi hutang tersebut.

Akibatnya, kerap kali seseorang harus 'gali lubang tutup lubang' untuk melunasi satu pinjol ke pinjol lain. Hal tersebutlah yang harus dihindari.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id