Startup Aset Kripto Gandeng BUMN Terapkan Prototipe Kliring di Indonesia

    Husen Miftahudin - 28 September 2020 13:39 WIB
    <i>Startup</i> Aset Kripto Gandeng BUMN Terapkan Prototipe Kliring di Indonesia
    Ilustrasi mata uang kripto. Foto: AFP
    Jakarta: Startup teknologi finansial dalam bidang aset kripto, Indodax menggandeng perusahaan BUMN PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) untuk menerapkan pilot project pembayaran via kliring. Hal ini dilakukan agar transaksi aset kripto di Indonesia menjadi lebih aman.

    "Keamanan transaksi merupakan hal paling utama di Indodax, serta untuk membantu meningkatkan aset member yang ada di Indodax. Dengan diterapkannya skema ini, aset yang tersimpan di Indodax menjadi semakin transparan," kata CEO Indodax Oscar Darmawan dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Senin, 28 September 2020.

    KBI merupakan lembaga kliring yang memiliki fungsi untuk menjamin kesahihan setiap transaksi yang terjadi lewat fungsi Delivery versus Payment (DvP). Dalam kerja sama ini, KBI berperan sebagai gateway (pintu gerbang) semua aktivitas transaksi seperti deposit dan withdraw (penarikan), dengan dana para member Indodax dalam proyek prototipe ini akan disimpan di bank kustodian.

    Nantinya, segala transaksi aset kripto yang terjadi harus terlebih dahulu diverifikasi oleh KBI. Adapun proses verifikasi mencakup kesesuaian dana pemilik aset kripto, catatan perpindahan dana pada sistem pedagang fisik aset kripto, dan nominal yang tercatat pada tempat penyimpanan aset kripto.

    Menurut Oscar, keamanan transaksi ini menjadi salah satu daya tarik bagi calon investor yang kini tengah melakukan diversifikasi atau peralihan investasi ke bitcoin yang menjadi aset safe haven di masa pandemi ini. "Permintaan bitcoin dan aset kripto semakin tinggi. Maka itu kita juga perlu meningkatkan terus fasilitas keamanan yang berhubungan aset member di Indodax," tegasnya.

    Oscar berharap kerja sama dengan KBI ini bisa terimplementasi dengan baik. Meskipun kerja sama ini sebagai pilot project, namun dia berharap adanya tahapan atau mekanisme yang lebih sempurna ke depannya.

    "Indodax dan KBI akan menciptakan iklim aset kripto di Indonesia menjadi semakin baik. Kami menghadirkan aset kripto sebagai aset yang aman untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan literasi keuangan digital di Indonesia khususnya di sektor investasi," ucap Oscar.

    Halaman Selanjutnya
    Direktur Utama PT KBI Fajar…
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id