Regulasi Keuangan Nonbank Tak Ketat, Jokowi Minta Industri Fintech Berinovasi

    Annisa ayu artanti - 11 November 2020 15:21 WIB
    Regulasi Keuangan Nonbank Tak Ketat, Jokowi Minta Industri <i>Fintech</i> Berinovasi
    Presiden Joko Widodo - - Foto: MI/ Ramdani
    Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta pelaku industri financial technology (fintech) untuk berinovasi dalam mengembangkan bisnis. Hal ini dikarenakan industri keuangan nonbank tidak memiliki regulasi yang ketat layaknya sektor perbankan.

    "Harus diingat perkembangan tekno sektor keuangan tampilkan beberapa risiko antara lain, risiko kejahatan cyber, miss informasi, dan transaksi eror serta penyalahgunaan data pribadi, apalagi regulasi non keuangan perbankan tidak seketat perbankan," kata Jokowi dalam Indonesia Fintech Summit 2020, Rabu, 11 November 2020.

    Para pelaku industri fintech juga diminta mengembangkan diri dalam menjalankan fungsi aggregator, berinovasi dalam kredit scoring, serta memberikan layanan equity crowdfunding dan project financing.

    Selain itu, pelaku industri fintech diharapkan lebih memperkuat tata kelola yang akuntabel dan melakukan mitigasi terhadap berbagai risiko yang akan muncul. Dengan menerapkan hal-hal tersebut, kata Jokowi, industri fintech akan menjadi industri yang kuat dan dapat berkontribusi lebih bagi perekonomian Tanah Air
     

    "Dengan cara ini saya berharap industri fintech dapat memberi layanan yang aman bagi masyarakat serta memberi kontribusi besar bagi pengembangan UMKM dan perekonomian nasional," tutupnya.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id