comscore

Sentimen Wall Street Bisa Menggulung IHSG

Arif Wicaksono - 03 Januari 2022 09:30 WIB
Sentimen Wall Street Bisa Menggulung IHSG
IHSG. Foto : MI.
Jakarta: Wall Street menutup hari perdagangan terakhir 2021 di zona merah. Meski demikian, ketiga indeks utama tercatat tumbuh sepanjang tahun lalu, dipimpin oleh S&P 500 yang menguat 26,9 persen diikuti oleh Nasdaq naik 21,4 persen dan Dow Jones naik 18,7 persen.

NH Korindo sekuritas mengatakan, memasuki 2022, kenaikan jumlah kasus covid-19 yang disebabkan varian Omicron serta tantangan inflasi tertinggi dalam 40 tahun terakhir; masih menjadi fokus utama pasar.
 
"Memasuki hari pertama perdagangan di 2022, indeks acuan diperkirakan masih akan terkonsolidasi pada rentang area 6.550-6.620," jelas NH Korindo Sekuritas dikutip dari risetnya, Senin, 3 Januari 2022.
Kepala Riset MNC Sekuritas Edwin Sebayang mengatakan di 2022 persoalan yang diperkirakan semakin berat mulai dari terus berlanjutnya amuk twin covid-19, yakni varian Delta dan Omicron. Ditambah berakhirnya Taper Tantrum, penurunan harga komoditas, peluang akan terjadinya defisit penerimaan pemerintah hingga akan naiknya Suku Bunga The Fed dan Indonesia.

"Diawal tahun dan awal minggu ini, Senin, ada peluang IHSG terkena tekanan jual seiring jatuhnya Indeks di Wall Street (DJIA turun 0,41 persen dan Nasdaq minus 0,77 persen serta turunnya harga beberapa komoditas di antaranya minyak minus 1,38 persen dan batu bara 3,1 persen di tengah semakin mengamuknya variant Omicron dan Delta," jelas dia dalam risetnya, Senin, 3 Januari 2022.

Dia mengatakan katalis negatif bagi pasar saham adalah jutaan orang AS terkena varian Omicron, peningkatan kasus baru di Eropa Barat, meningkatnya jumlah kasus baru di India, serta di lockdown-nya salah satu kota di Tiongkok yang berpenghuni 13 juta orang akibat varian Omicron.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id