Gojek-BRI Buka Fasilitas Pinjaman Bunga Ringan

    Ilham wibowo - 13 Mei 2020 14:52 WIB
    Gojek-BRI Buka Fasilitas Pinjaman Bunga Ringan
    Ilustrasi Gojek - - Foto: dok MI
    Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) dan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) sepakat membuka fasilitas pinjaman bunga ringan bagi pekerja sektor informal dan para pelaku UMKM. Para mitra GoRide, GoCar, dan merchant GoFood diberi kemudahan pinjaman dari Rp5 juta-Rp20 juta.
     
    Direktur Konsumer BRI Handayani mengatakan pinjaman ringan tersebut diberikan mengingat pekerja harian dan pelaku UMKM merupakan sektor yang paling terdampak. Mayoritas masyarakat harus Work from Home (WFH) dan menerapkan physical distancing dan berdampak pada penghasilan mereka.

    "Fasilitas pinjaman bunga ringan ini merupakan upaya BRI untuk terus mendorong keberlangsungan hidup para driver dan pelaku UMKM yang merupakan mitra Gojek," kata Handayani melalui keterangan tertulis, Rabu, 13 Mei 2020.

    Handayani menambahkan penyaluran pinjaman ini tetap dilakukan dengan memegang prinsip kehati-hatian. Assessment ketat akan diterapkan terkait besaran kebutuhan dari mitra Gojek dan UMKM.

    "Kami juga bekerja sama dengan Gojek agar seluruh mitra yang mengambil fasilitas ini telah memenuhi seluruh persyaratan minimum seperti pendapatan rata-rata bulanan dan lama bermitra dengan Gojek," imbuhnya.

    Adapun program tersebut telah memasuki masa tahap awal dengan penawaran fasilitas pinjaman mitra Gojek di area Jabodetabek. Secara bertahap fasilitas ini akan ditawarkan ke lebih banyak mitra termasuk merchant GoFood.

    Mitra usaha GoFood yang memenuhi persyaratan akan ditawari bantuan pinjaman sampai dengan Rp20 juta, dengan tenor selama 24 bulan, dengan keringanan biaya pembayaran pada tiga bulan pertama. Sementara untuk mitra driver GoRide dan GoCar, fasilitas pinjaman ditawarkan Rp5 juta dengan tenor pinjaman selama 24 bulan dan keringanan bebas bayar selama tiga bulan pertama.

    "Dalam kondisi saat ini arus keuangan pelaku UMKM dan pekerja informal akan terganggu, maka dari itu selain dengan bunga yang terjangkau, selama tiga bulan pertama khusus untuk mitra GoRide dan GoCar dibebaskan untuk membayar cicilan. Selain itu, untuk memudahkan, pembayaran akan dilakukan harian dengan sistem pemotongan langsung dari dompet digital mitra," urai Handayani.

    Co-CEO Gojek Andre Soelistyo menegaskan prioritas utama Gojek saat ini membantu keberlangsungan hiudp para mitra. Apalagi pengemudi Gojek dan pengusaha UMKM kuliner yang tergabung sebagai merchant GoFood merupakan bagian dari populasi pekerja informal atau benteng pertahanan dalam menjaga pertumbuhan roda ekonomi lokal.

    Situasi pandemi diakui sangat memengaruhi pendapatan mitra GoRide dan GoCar. Kehadiran fasilitas pinjaman bunga ringan tersebut akan membantu meringankan beban keuangan mereka di masa sulit. Untuk merchant GoFood, fasilitas yang diberikan diharapkan mampu untuk menjaga perputaran usaha mereka.

    "Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan BRI yang telah memberikan fasilitas pinjaman yang khusus dirancang bagi mitra kami. Hal ini akan sangat membantu mitra kami, khususnya agar arus kas mereka pada masa sulit ini bisa kembali membaik. Selain itu, Gojek juga tengah berdiskusi dengan Pemerintah dan para pelaku industri lainnya mengenai perluasan upaya meringankan beban di sektor informal, termasuk penyaluran program KUR Pemerintah," ungkapnya. 



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id