Doni Primanto Joewono Terpilih Jadi Deputi Gubernur BI

    Antara - 13 Juli 2020 17:16 WIB
    Doni Primanto Joewono Terpilih Jadi Deputi Gubernur BI
    ?Doni Primanto Joewono Terpilih Jadi Deputi Gubernur BI. Foto: dok MI/M Irfan.
    Jakarta: Komisi XI DPR RI secara aklamasi memutuskan untuk memilih Doni Primanto Joewono sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI). Doni menggantikan Erwin Rijanto yang sudah mengakhiri masa jabatannya.

    "Dipilih secara aklamasi, musyawarah, dan mufakat," kata Anggota Komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno saat dihubungi di Jakarta, dikutip dari Antara, Senin, 13 Juli 2020.

    Sebelumnya, Doni yang menjabat sebagai Direktur Eksekutif Kepala Departemen Sumber Daya Manusia BI ini telah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan pada Rabu, 8 Juli 2020.

    Dalam kesempatan itu, Doni menjanjikan untuk mendorong optimalisasi industri manufaktur dan pariwisata sebagai salah satu strategi membangkitkan ekonomi RI setelah pandemi covid-19.

    Menurut dia, penguatan kedua sektor itu penting karena dapat berperan untuk meningkatkan surplus neraca transaksi berjalan.

    Baca: Langkah Doni Primanto Hadapi 4 Tantangan Ekonomi

    "BI akan berperan aktif melakukan sinergi kebijakan dengan memusatkan perhatian ke sektor prioritas ini," kata Doni saat menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi XI DPR RI.

    Menurut dia, industri manufaktur akan diarahkan kepada usaha yang berorientasi ekspor dengan lebih banyak menggunakan kandungan lokal dan berbasis sumber daya alam.

    Fokus dalam industri manufaktur itu di antaranya bergerak di sektor pertambangan, pertanian, perkebunan dan perikanan.

    Untuk sektor pariwisata, Doni akan mendorong penguatan destinasi wisata utama seperti Bali dan Bintan, Kepri, mengingat pariwisata merupakan sumber pertumbuhan ekonomi baru.

    Dengan keputusan yang diambil dalam rapat internal itu, maka Doni menyisihkan dua pesaing yang juga berasal dari internal BI, yaitu Juda Agung dan Aida S Budiman.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id