Simak! Tips Menjaga Keamanan Rekening Konsumen

    Husen Miftahudin - 02 Juni 2021 09:28 WIB
    Simak! Tips Menjaga Keamanan Rekening Konsumen
    OJK. Foto : Mi/Ramdani.



    Jakarta: Juru Bicara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sekar Putih Djarot mengatakan modus kejahatan perbankan di era digital semakin berkembang seiring dengan berbagai modus baru dan memanfaatkan kelalaian konsumen dalam menjaga data pribadi.

    Terjadinya kehilangan uang di rekening kemungkinan bisa terjadi karena nasabah memberi tahu password kepada orang lain. Padahal, password ini dilarang untuk dibagikan ke siapa pun termasuk jika ada orang yang mengaku dari pihak bank, baik untuk penggunaan ATM atau mobile banking.

     



    Selain itu, kloning kartu ATM tanpa disadari. Hal ini kerap terjadi ketika bertransaksi di ruang ATM. Mawas diri terhadap orang yang menawarkan bantuan yang bisa jadi orang tersebut menukar kartu ATM dan membantu akses sehingga yang bersangkutan bisa mengetahui password dengan cara yang cepat dan disadari pemilik kartu.

    Skimming. Modus kejahatan dengan memasang alat skimming di mesin ATM yang dapat mencuri nomor kartu dan password. Pastikan tidak ada benda mencurigakan berupa tempelan alat lain atau nomor telepon bank yang tidak resmi di mesin ATM.

    "Untuk mencegah hal tersebut, masyarakat dapat melakukan serangkaian pencegahan seperti mengaktifkan fitur notifikasi transaksi, mengecek histori transaksi secara berkala melalui aplikasi mobile banking, menjaga keamanan seluler dan koneksi internet yang digunakan, serta menjaga kerahasiaan data pribadi," ungkap Sekar dikutip dari instagram terverifikasi @ojk.indonesia, Rabu, 2 Juni 2021.

    Aktifkan fitur notifikasi SMS transaksi. Jika ada transaksi di rekening Anda, baik dana masuk atau keluar, maka bank akan mengirimkan SMS pemberitahuan ke nomor telepon yang terdaftar di rekening tersebut.

    Cek histori rekening atau saldo secara berkala. Anda dapat melakukan ini dengan mudah, kapan saja, dan gratis melalui aplikasi mobile banking atau internet banking bank tersebut.

    Untuk menjaga keamanan data, amankan perangkat seluler Anda dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah seperti menggunakan pemindai sidik jari atau wajah. Gunakan jaringan internet pribadi dan hindari menggunakan WiFi publik atau free WiFi untuk melakukan transaksi perbankan.

    Jaga data pribadi Anda. Jangan pernah memberitahukan User ID, password, kode OTP, PIN rekening, atau nama Ibu Kandung ke siapa pun, termasuk pihak bank. Ubah password secara berkala.

    Berhati-hati saat menggunakan ATM. Pastikan tidak ada benda mencurigakan berupa tempelan alat lain atau nomor telepon bank yang tidak resmi di mesin ATM untuk menghindari terjadinya skimming.

    Jika mengalami kesulitan dalam menggunakan mesin ATM, segera datang ke bank. Mawas diri terhadap orang di sekitar ATM yang menawarkan bantuan sehingga berisiko bisa mengetahui password atau melakukan kloning kartu Anda.

    "Jika mengalami kendala, segera hubungi layanan kontak bank yang Anda gunakan. Anda bisa mengunjungi website resmi bank terkait untuk mengetahui nomor teleponnya. Untuk informasi dan pengaduan konsumen sektor jasa keuangan dapat menghubungi Kontak OJK 157 melalui telepon 157, layanan whatsapp 081 157 157 157 atau melalui portal kontak157.ojk.go.id @kontak157."


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id