UMKM Diminta Proaktif agar Dapat Restrukturisasi Kredit

    Eko Nordiansyah - 22 Juli 2020 11:13 WIB
    UMKM Diminta Proaktif agar Dapat Restrukturisasi Kredit
    Ilustrasi Bank BTN - - Foto: Antara/ Prasetyo Utomo
    Jakarta: Pemerintah memberikan berbagai keringanan dan stimulus bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak pandemi covid-19. Salah satunya restrukturisasi kredit melalui perbankan.

    Direktur Keuangan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN Nixon Napitupulu mengatakan UMKM harus proaktif agar mendapatkan restrukturisasi kredit. Sebab, selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bank kesulitan menjangkau nasabahnya.

    "Mungkin memang mesti agak proaktif ke banknya, saya sarankan seperti itu. Jangan menunggu jadi datang ke bank. Karena memang jujur bank ini juga punya masalah berkomunikasi dengan customer-nya," katanya dalam webinar di Jakarta, Rabu, 22 Juli 2020.

    Menurutnya bank kesulitan untuk mendapat data maupun akses kepada nasabahnya selama pandemi. Namun jika debitur proaktif mengajukan restrukturisasi, bank akan melihat prospek usaha sehingga permohonan restrukturisasi kredit bisa diproses.

    "Kalau bisa proaktif bank itu intinya pertama mereka akan melihat kondisi bapak saat ini lihat sebelumnya Kalau bapak memang kooperatif baik dan kedepannya tetap memiliki prospek, tidak ada alasan untuk tidak bisa direstrukturisasi," ungkapnya.

    BTN yang memiliki fokus bisnis Kredit Pemilikan Rumah (KPR) juga turut memberikan restrukturisasi. Tercatat ada sekitar 212 ribu debitur BTN yang mendapatkan restrukturisasi, didominasi debitur KPR dan sisanya kredit kepada para pengembang.

    "Paling banyak yang mereka minta adalah penundaan pembayaran tenor enam sampai 12 bulan. Restrukturisasi itu polanya macam-macam tidak hanya satu jenis di perbankan. Bisa keringanan pokok dan bunga, pokok saja, bunga saja, atau penundaan atau penurunan suku bunga," pungkas dia.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id