comscore

Home Credit Dorong Implementasi Keuangan Berkelanjutan di Indonesia

Angga Bratadharma - 22 Desember 2021 16:30 WIB
Home Credit Dorong Implementasi Keuangan Berkelanjutan di Indonesia
Ilustrasi. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO
Jakarta: Home Credit Indonesia (Home Credit) terus berupaya mengimplementasikan keuangan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab dengan menyelaraskan kepentingan lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG) dalam kegiatan usahanya. Upaya itu sebagai bagian dari upaya mewujudkan pembangunan inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.

Salah satu fokus utamanya yaitu dengan membuka akses layanan keuangan untuk masyarakat Indonesia yang belum tersentuh lembaga keuangan formal, di mana telah diterapkan Home Credit sejak lama seperti yang terekam dalam Laporan ESG tahunan yang dirilis oleh Home Credit Group baru-baru ini.
Salah satu implementasi tersebut dapat dilihat dari konsistensi Home Credit untuk mendorong inklusi keuangan melalui pemanfaatan teknologi digital, sekitar 20,5 persen pelanggan Home Credit di Oktober-November 2021 tergolong first time borrowers atau mereka yang baru pertama kali menggunakan layanan pembiayaan formal.

Direktur Utama Home Credit Indonesia Animesh Narang percaya adanya pilar ESG yang selama ini berusaha diwujudkan dapat mengatasi isu kesenjangan ekonomi. Pihaknya berupaya untuk turut mendorong akses keuangan bagi seluruh masyarakat Indonesia yang ditargetkan oleh pemerintah dapat mencapai hingga 90 persen pada 2024.

"Untuk itu, layanan ditingkatkan dengan strategi omnichannel," kata Animesh, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 22 Desember 2021.

Dengan akses digital dan jaringan mitra toko yang luas, Home Credit juga turut membuka akses pembiayaan ke luar Pulau Jawa dengan porsi yang signifikan hingga 45 persen dari seluruh total kontrak pembiayaan pada semester I-2021. Selain itu, adanya layanan pembiayaan dari Home Credit juga turut menggerakkan aktivitas bisnis dari para mitra tokonya.

"Selain peritel besar terdapat hampir 10 rub toko berskala kecil. Home Credit terus memperkuat dan memperluas jaringan mitra tokonya," ucapnya.

Bagi para first time borrower, tambahnya, pengalaman dalam menggunakan layanan keuangan yang nyaman, aman, dan terpercaya tentunya menjadi hal yang penting. Artinya tidak hanya inovasi dalam memberikan pelayanannya saja yang diperhatikan namun juga edukasi dalam menggunakan layanan turut dilakukan.

"Kami ingin memberikan dampak positif baik bagi pelanggan kami khususnya maupun masyarakat pada umumnya. Sehingga berbagai inisiatif yang kami lakukan untuk menerapkan keuangan berkelanjutan tentunya sejalan dengan program dan agenda pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," pungkasnya.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id