comscore

Mumpung Masih Tahun Baru, Wujudkan Merdeka Finansial Yuk dengan 5 Cara Ini

Annisa ayu artanti - 15 Januari 2022 14:09 WIB
Mumpung Masih Tahun Baru, Wujudkan Merdeka Finansial Yuk dengan 5 Cara Ini
Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Jakarta: Tahun baru menjadi kesempatan untuk mengevaluasi kembali resolusi keuangan demi mencapai kemerdekaan finansial.

Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia, Karin Zulkarnaen, mengatakan meskipun pandemi belum dapat diprediksi kapan akan berakhir, namun merdeka secara finansial bukan hal yang mustahil diwujudkan. Terutama untuk generasi milenial.
"Dengan membuat resolusi finansial, para milenial dapat tetap berkarya dan berkembang  di tengah kondisi ekonomi yang menantang," katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu, 15 Januari 2022.

Berikut tips dalam merancang kembali keuangan yang bisa dimulai mumpung masih awal tahun.

1. Membuat anggaran

Penyusunan anggaran bergantung dengan target yang ingin dicapai dengan memperhatikan pendapatan, pengeluaran, dan investasi. Saat ini ada banyak aplikasi gratis di smartphone yang dapat digunakan untuk menyusun anggaran atau perencanaan keuangan dengan mudah.

2. Menghemat pengeluaran dan membayar utang

Salah satu cara menghemat adalah dengan mulai menyisihkan sebagian gaji setiap bulan untuk setiap pos keuangan.

Penghematan pengeluaran bisa dilakukan dengan cara mengurangi kegiatan nongkrong, membawa bekal dari rumah, memanfaatkan promo, hingga menggunakan aplikasi khusus agar transfer uang antarbank tetap gratis.

Bagi yang memiliki utang, menghemat anggaran dan mengalokasikannya untuk membayar utang harus menjadi prioritas.

3. Mulai berinvestasi

Jika sudah bisa menyisihkan untuk utang, dana tambahan lain bisa dialokasikan untuk memulai investasi. Menabung memang baik, akan tetapi bunganya masih lebih kecil dibandingkan inflasi tahunan.

Bagi pemula, mulailah investasi di produk yang rendah risiko seperti obligasi, reksa dana pasar uang, dan reksadana pendapatan tetap. Seiring waktu berjalan, pelajari profil masing-masing portofolio investasi untuk mencoba ke investasi yang berisiko lebih tinggi.

4. Evaluasi pilihan asuransi

Bagi yang sudah memiliki asuransi, cek kembali apakah produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa sudah sesuai kebutuhan atau belum. Dengan memiliki asuransi, kamu bisa meminimalisir pengeluaran yang tak terduga akibat peristiwa buruk yang mungkin saja terjadi.

5. Menambah pendapatan

Saat ini, sudah menjadi tren bagi milenial untuk memiliki pendapatan tambahan selain dari gaji tetap bulanan. Anda bisa memperoleh pendapatan tambahan dengan membuat blog, video di Youtube, mengikuti survey online, freelancer, berjualan di e-commerce, membuat ulasan produk, hingga menjual jasa atau keahlian khusus seperti edit video, dan lainnya.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id