comscore

GoTo Jadi Decacorn Pertama Melantai di Bursa Asia

Eko Nordiansyah - 11 April 2022 10:26 WIB
GoTo Jadi <i>Decacorn</i> Pertama Melantai di Bursa Asia
Suasana saat GoTo resmi melakukan penawaran umum perdana saham di BEI. FOTO: Medcom.id
Jakarta: PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode GOTO. Proses go public yang dilakukan oleh GoTo ini menjadikannya sebagai decacorn pertama yang tercatat di bursa saham Asia.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan aksi korporasi GoTo melalui IPO menjadikan perusahaan karya anak bangsa itu dengan ekosistem digital terbesar di Indonesia dengan profit sebesar Rp13,7 triliun dan market capitalization Rp400 triliun.

"Hal tersebut menjadikan GoTo menjadi perusahaan teknologi dengan tingkat valuasi decacorn dan merupakan decacorn pertama yang berhasil tercatat di bursa Asia," kata dia, dalam Seremoni Virtual Pencatatan Perdana Saham GOTO, Senin, 11 April 2022.

GoTo merupakan perusahaan rintisan pertama yang tercatat di papan utama (main board) BEI. Selain itu, GoTo juga menjadi perusahaan tercatat pertama yang menerapkan struktur permodalan dengan hak suara multiple (multiple voting share).

"Yang memberikan voting power lebih besar kepada para founder dibandingkan dengan voting power yang dimiliki oleh pemegang saham biasa, sehingga kebijakan strategis perusahaan sesuai dengan misi dan visi dari para pendirinya," ungkap dia.

BEI berharap langkah GoTo untuk mencatatkan sahamnya di bursa ini bisa diikuti oleh perusahaan startup lainnya. Dengan demikian, langkah ini tidak hanya mendukung pertumbuhan perusahaan tetapi juga pengembangan pasar modal di Indonesia.

"Hal ini kita harapkan jadi pembuka bagi perusahaan startup lainnya untuk dapat melakukan IPO dan mencatatkan efeknya di Bursa Efek Indonesia sehingga dapat mendukung pertumbuhan perusahaan dan perkembangan pasar modal Indonesia," pungkasnya.


(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id