Dana Asing Mengalir Rp1,03 Triliun Selama Sepekan

    Husen Miftahudin - 02 Oktober 2020 20:18 WIB
    Dana Asing Mengalir Rp1,03 Triliun Selama Sepekan
    Foto: dok MI/Ramdani.
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat dana-dana asing mulai membanjiri pasar keuangan domestik selama sepekan. Berdasarkan data transaksi 28 September sampai dengan 1 Oktober 2020, dana-dana dari investor asing (nonresiden) di pasar keuangan domestik mengalir (beli neto/capital inflow) sebesar Rp1,03 triliun.

    Mengalirnya modal asing ke pasar keuangan domestik tersebut ditopang oleh derasnya pembelian di pasar Surat Berharga Negara (SBN), dengan catatan inflow sebesar Rp2,46 triliun. Sementara dana asing di pasar saham justru 'pulang kampung' (jual neto) sebanyak Rp1,43 triliun.

    "Meskipun demikian berdasarkan data setelmen selama 2020 secara year to date (ytd), nonresiden di pasar keuangan domestik (masih tercatat) jual neto sebesar Rp178,83 triliun," ungkap Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko yang tertuang dalam perkembangan indikator stabilitas nilai rupiah, Jumat, 2 Oktober 2020.

    Adapun premi risiko atau credit default swap (CDS) Indonesia lima tahun turun ke 109,28 bps per 1 Oktober 2020 dari 117,26 bps per 25 September 2020. CDS merupakan indikator untuk mengetahui risiko berinvestasi di SBN.

    Semakin besar skor CDS, maka risiko berinvestasi di SBN juga semakin tinggi. Sebaliknya jika skor semakin kecil, maka risiko investasinya juga semakin rendah.
     

    Halaman Selanjutnya
    Banjirnya aliran dana asing di…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id