BI: Transformasi SDM Dorong Digitalisasi UMKM

    Husen Miftahudin - 08 Oktober 2020 15:03 WIB
    BI: Transformasi SDM Dorong Digitalisasi UMKM
    Ilustrasi - - Foto: Medcom
    Jakarta: Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Doni Primanto Joewono mengatakan transformasi Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan kunci mendorong digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam rangka meningkatkan produktivitas di tengah pandemi.

    "Peningkatan produktivitas pada UMKM juga perlu didukung oleh strategi pengembangan UMKM secara end to end yang mencakup penguatan manajemen usaha, peningkatan kualitas barang, perluasan akses pasar, dan peningkatan kapasitas SDM yang dibekali keterampilan mengenai teknologi digital," ujar Doni dalam joint event BI-Kemnaker-OJK dalam Webinar Peningkatan Produktivitas UMKM melalui Digitalisasi Usaha secara virtual, Kamis, 8 Oktober 2020.

    Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan Budi Hartawan turut menyampaikan tiga tantangan transformasi ketenagakerjaan sebagai dampak revolusi industri 4.0. Di antaranya transformasi keterampilan, transformasi pekerjaan, dan transformasi sosial.

    "Untuk menghadapi tantangan tersebut, dibutuhkan inovasi dalam mempersiapkan kompetensi tenaga kerja. Termasuk pentingnya mengubah mindset dan meningkatkan produktivitas ke arah digitalisasi termasuk di lingkup UMKM," papar dia.

    Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tirta Segara menjelaskan pentingnya prinsip keseimbangan dalam menerapkan perlindungan konsumen, antara tumbuh kembangnya Industri Jasa Keuangan secara berkesinambungan dan terlindunginya konsumen dan masyarakat, termasuk UMKM.

    Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko menyampaikan joint event BI-Kemnaker-OJK diharapkan dapat memberikan edukasi mengenai peningkatan produktivitas dan strategi adaptasi di era digital, mendorong UMKM untuk memanfaatkan platform digital demi keberlangsungan usaha, dan mendorong perluasan akses keuangan UMKM melalui berbagai upaya termasuk peningkatan pengetahuan dari aspek perlindungan konsumen.

    BI kembali mengajak masyarakat untuk mengunjungi pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 secara virtual melalui www.karyakreatifindonesia.co.id lewat fitur platform yang telah dibuka sejak 7 Oktober hingga 9 Oktober 2020. Setelah 9 Oktober 2020, dalam hal masyarakat ingin melihat produk UMKM Binaan BI, Bank Indonesia tetap menyediakan menu katalog pada laman  www.karyakreatifindonesia.co.id.

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id