BI Dorong Akselerasi Digital Ekonomi dan Keuangan Syariah

    Husen Miftahudin - 07 Agustus 2020 14:57 WIB
    BI Dorong Akselerasi Digital Ekonomi dan Keuangan Syariah
    Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo - - Foto: Medcom/ Husen Miftahudin
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) terus mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional. Di tengah wabah pandemi covid-19, peningkatan pemanfaatan digitalisasi sebagai adaptasi era kebiasaan baru perlu diterapkan di sektor tersebut.

    "Pada 2020 ini peradaban baru ekonomi dan keuangan syariah kita perkuat dengan digitalisasi. Di tengah pandemi, ekonomi digital kita tingkatkan dengan sinergi ekonomi keuangan syariah, bukan skill down tapi justru skill up. Bukan menurun, tapi justru kita perluas dan kita tingkatkan," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam pembukaan acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) Ke-7 Tahun 2020 secara virtual, Jumat, 7 Agustus 2020.

    Menurutnya, penyelenggaraan Festival Ekonomi Syariah dan ISEF 2020 menjadi momentum untuk mengakselerasi pemberdayaan ekonomi syariah dalam membangun mata rantai ekonomi halal. Di antaranya di sektor pertanian, makanan dan minuman (mamin), fesyen termasuk kosmetika, pariwisata ramah muslim, UMKM syariah, dan kemandirian ekonomi pesantren.

    Di sektor keuangan syariah, pemberdayaannya dilakukan dengan memobilisasi perbankan dan pasar keuangan syariah. Hal ini diakselerasi dengan meningkatkan pemanfaatan keuangan sosial syariah, zakat, infak, sedekah, dan wakaf agar lebih produktif bagi kemajuan ekonomi umat.

    "Kita perluas riset, edukasi, dan juga literasi masyarakat. Kurikulum ekonomi syariah, kewirausahaan, dan kampanye luas gaya hidup halal sebagai new lifestyle melalui sinergi di dalam Festival Ekonomi Syariah dan ISEF bagi semua agar lebih inklusif, termasuk bagi para milenial," ucapnya.

    Perry bilang sprit sinergi tersebut mendasari rangkaian seluruh acara Festival Ekonomi Syariah dan ISEF ke-7 Tahun 2020. Pada Agustus ini, Festival Ekonomi Syariah akan dipusatkan di Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk wilayah timur Indonesia.


    Kemudian di Sumatra Barat (Sumbar) yang akan diselenggarakan pada September mendatang, serta di Jawa Timur (Jatim) yang dihelat pada Oktober 2020. Sebagai perayaan puncak, ISEF 2020 akan dihelat di Jakarta pada Oktober 2020.

    "Kita tingkatkan rangkaian acara program-program ekonomi dan keuangan syariah dengan sinergi dan kolaborasi dari para mitra strategis nasional maupun internasional. Tidak kurang dari 22 pertemuan virtual, 15 bisnis coaching dan matching, 500 eksebisi, 10 showcase mitra strategis, dan tujuh kompetisi nasional," tutup Perry.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id