Usai Covid-19, Nasabah Jiwasraya Kembali Tagih Klaim Pembayaran

    Media Indonesia - 07 April 2020 13:16 WIB
    Usai Covid-19, Nasabah Jiwasraya Kembali Tagih Klaim Pembayaran
    Gedung Jiwasraya. Foto: dok MI.
    Jakarta: PT Asuransi Jiwasraya (Persero) sudah melakukan pencairan bagi nasabah Jiwasraya sebesar Rp47 miliar pada akhir Maret 2020 lalu. Sayangnya pencairan ini hanya ditujukan bagi sebagian nasabah tradisional saja.

    Perwakilan nasabah Jiwasraya Saving Plan (SP) Machril mengatakan pihaknya akan kembali bergerak menagih hak pencairan dananya usai pandemi covid-19 ini berahir.

    "Kami akan bergerak setelah selesai masalah covid-19 ini. Termasuk mempertanyakan bagaimana skema pembayaran nasabah SP dan tanggal pasti pembayarannya," ujarnya kepada Media Indonesia, Selasa, 7 April 2020.

    Padahal sebelumnya menurut Machril selama Menteri BUMN dijabat oleh Erick Thohir menyebutkan permulaan pencairan klaim nasabah Jiwasraya akan dimulai akhir Maret. Tanpa spesifik menyebut salah satu jenis nasabah saja. Oleh karena itu, para nasabah SP ini merasa kecewa berat dengan kejadian tidak cairanya hak mereka pada akhir Maret kemarin.

    Pihaknya pun menyebut para nasabah SP sejauh ini belum pernah diajak berembuk terkait masalah klaim nasabah ini. Padahal Machril menyebut para nasabah adalah investor yang bekerja sama dengan pemerintah di sektor finansial atau keuangan ini. Namun, justru belum pernah dilibatkan dalam pembicaraan apapun.

    "Nasabah SP sama sekali tidak pernah diajak bicara atau diundang ke tempatnya. Kami ini investor yang bekerja sama usaha pemerintah di sektor finansial/keuangan. Yang kami tahu, mereka Jiwasraya, Kementerian BUMN, dan Kemenkeu tengah membahas soal skemanya saat ini," imbuhnya.

    Pihaknya pun memastikan, setelah pandemi covid-19 ini berakhir akan berinisiatif untuk membuka pembicaraan kepada kementerian dan Jiwasraya. Selain ingin menagih kepastian skema dan tanggap pasti pembayaran polis nasabah SP. Pihaknya pun ingin mengutarakan seharusna mitra bank Jiwasraya bisa menjadi sumber talangan pembayaran nasabah SP.

    "Harusnya mitra bank bisa menjadi sumber talangan pembayaran nasabah SP, karena holding sudah menghimpun dana dari anggota holding, uang yang dihimpun kisaran Rp60 triliun," pungkas dia. (Hilda Julaika)



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id