comscore

Bank Muamalat Optimalkan Restrukturisasi Aset

Angga Bratadharma - 01 Juni 2022 11:04 WIB
Bank Muamalat Optimalkan Restrukturisasi Aset
Gedung Bank Muamalat. FOTO: BPKH
Jakarta: PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menekankan restrukturisasi aset adalah bagian integral dari proses penguatan struktur permodalan yang berlangsung dengan lancar akhir tahun lalu. Saat ini Bank Muamalat sudah memiliki pemegang saham mayoritas baru yaitu Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dengan kepemilikan saham 82,65 persen.

Dalam proses restrukturisasi aset, Bank Muamalat menggandeng PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) atau PT PPA selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mengelola aset non produktif Bank Muamalat. Penandatanganan Master Restructuring Agreement (MRA) dilaksanakan pada 15 September 2021 yang disaksikan secara langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir.
Direktur Utama Bank Muamalat Achmad K Permana mengatakan keberhasilan restrukturisasi yang dilakukan tidak lepas dukungan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator yang senantiasa memantau proses ini hingga tuntas. Dari aspek syariah, proses restrukturisasi ini juga dikawal oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) dan Dewan Syariah Nasional (DSN).

Selain itu, tambahnya, untuk memastikan aspek compliance dari keseluruhan transaksi restrukturisasi agar berjalan secara arms-length, transaksi didukung Lembaga Penunjang dan Profesi Pasar Modal yang prominent di Indonesia, termasuk di antaranya institusi global yaitu law firm Ginting & Reksodiputro in association with Allen & Overy LLP, dan BRI Danareksa Sekuritas.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung proses ini. Restrukturisasi adalah terobosan baru bagi industri perbankan syariah di Indonesia. Kedepannya skema ini dapat menjadi referensi bagi aksi korporasi dalam rangka penguatan permodalan bank syariah di Indonesia," imbuhnya, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 1 Juni 2022.

Adapun upaya restrukturisasi aset yang dilakukan Bank Muamalat pun berbuah manis dengan meraih penghargaan dari Islamic Finance News (IFN). Permana mengatakan atas pencapaian ini Bank Muamalat berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja.

"Dengan fokus pada bisnis Islamic segment, haji, umrah, serta ekosistem halal yang tentunya sejalan dengan core business pemilik baru kami BPKH," ujarnya.

BPKH resmi menjadi pemilik Bank Muamalat setelah penandatanganan pengalihan saham dari Islamic Development Bank (IsDB) dan SEDCO Group pada Senin, 15 November 2021 dan Selasa, 16 November 2021 yang dihadiri oleh Direktur Utama Bank Muamalat Achmad K Permana, dan Kepala Badan Pelaksana BPKH Anggito Abimanyu.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id